Pesan SYL saat Diskusi Bersama KNPI

Pesan SYL saat Diskusi Bersama KNPI
Syahrul Yasin Limpo (tengah) saat diskusi bersama KNPI. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo atau SYL mengatakan, tantangan Indonesia ke depan makin kompleks. Termasuk bagaimana mendorong perkembangan para entrepreneur muda.

"Maka lakukan inovasi, kreativitas dan kolaborasi karena tidak ada lagi orang yang bisa hidup sendiri," ujar Syahrul dalam diskusi Bisnis Industri Masa Depan: Inovasi, Kolaborasi dan Investasi' yang digelar Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Media Center DPP KNPI, Jumat (23/8).

Syahrul memaparkan bahwa anak muda harus mempunyai etos kerja yang kuat. Itu pula yang kemudian melandasi dirinya mendorong kaum muda dalam pemberdayaan berbasis pertanian.

"Indonesia terlalu kaya dengan kekayaan alam, tetapi tantangan ke depan bukan hanya mengolahnya tetapi juga bagaimana menguasai teknologi yang ada," ujarnya. 

BACA JUGA: KNPI Ingatkan Anak Muda Jangan Cuma Menikmati Kopi, Awas, Ada Perang Asimetris

"Pertumbuhan pertanian Sulawesi Selatan dari Rp38 triliun menjadi Rp486 triliun selama SYL memimpin," lanjut dia.

Senada, Kepala Bagian Umum Kepegawaian Kementerian Perindustrian, Bambang Irianto mengatakan, pihaknya akan membangun 20.000 usaha baru dalam beberapa tahun mendatang. "5000 untuk tahun ini," kata dia.

Bambang menambahkan, pihaknya komitmen untuk berkolaborasi dengan pemuda kreatif. Pihaknya memiliki program pendampingan dan pelatihan untuk berbagai kelompok.

SYL memaparkan bahwa generasi muda Indonesia harus mempunyai etos kerja yang kuat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News