Pesawat AMA Mendarat Darurat di Keerom Papua

Pesawat AMA Mendarat Darurat di Keerom Papua
Pesawat AMA rusak berat setelah mendarat darurat di Molof, Senggi, Kabupaten Keerom Papua, Selasa (28/6). (ANTARA/HO/Dokumen Pribadi)

jpnn.com, JAYAPURA - Pesawat milik misionaris Associated Mission Aviation (AMA) dengan kode penerbangan PK-RCQ mendarat darurat di Kampung Molof Distrik Senggi Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (28/6).  

Pesawat yang dikemudikan Pilot Cesar itu mengalami insiden sekitar pukul 13.00 WIT.  Pendaratan darurat itu mengakibatkan pesawat mengalami rusak berat. 

"Anggota Polres Keerom, Selasa sore sudah menuju TKP dan akan melakukan olah TKP," jelas Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri di Jayapura, Selasa (28/6) malam. 

Menurut Irjen Fakhiri, insiden itu berawal saat pesawat PK-RCQ mengalami gangguan cuaca dalam penerbangan Sentani-Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Akibatnya, pesawat memutar balik ke arah Bandara Senggi. Namun, karena kekurangan bahan bakar minyak (BBM), pesawat tersebut melakukan pendaratan  darurat di jalan km 37 PT Batasan Dharma Timber Kampung Molof, Distrik Senggi. 

Irjen Fakhiri menjelaskan bahwa seluruh penumpang pesawat yang berjumlah tujuh orang selamat. “Saat ini, keenam penumpang sudah dievakuasi ke Sentani, Kabupaten Jayapura, sedangkan Pilot Cesar masih berada di Senggi,” jelas Fakhiri.

Pada Rabu (29/6), tim dari AMA dan KNKT dijadwalkan akan ke TKP kecelakaan itu. (antara/jpnn)

Pesawat milik misionaris Associated Mission Aviation (AMA) mendarat darurat di Kampung Molof Distrik Senggi Kabupaten Keerom, Papua.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News