Pesawat Tabrak Burung, Jatuh

Kecelakaan Udara Kedua di Nepal Tahun Ini, 19 Tewas

Pesawat Tabrak Burung, Jatuh
Pesawat Tabrak Burung, Jatuh
KATHMANDU - Pesawat Dornier 228 yang dioperasikan Sita Air itu baru beberapa menit lepas landas dari Bandara Internasional Tribhuvan, Kathmandu, Nepal, kemarin ketika petugas di air traffic control bandara menangkap manuver tak lazim pesawat yang dinaiki 19 orang tersebut. Benar saja, pilot mengatakan bahwa burung besi yang dikendalikannya itu baru saja menabrak burung nasar.

Tabrakan itu rupanya mengakibatkan mesin di bagian depan pesawat macet dan memercikkan api. Api tersebut juga mengakibatkan mesin cadangan tak berfungsi. Petugas, seperti ditirukan General Manager Bandara Tribhuvan Ratish Chandra Lal Suman kepada BBC, lantas meminta pilot melakukan pendaratan darurat.

Sembari memutar arah untuk balik ke ibu kota Nepal itu, pilot memilih mendaratkan pesawat di Sungai Monahara, di pinggiran Kathmandu, dengan harapan bisa memadamkan api. Tapi, pesawat yang sudah sulit dikontrol itu malah nyungsep di lapangan sepak bola di pinggir sungai dan hancur. Ke-19 orang yang ada di dalamnya pun tewas seketika.

Tujuh di antara 19 korban jiwa itu merupakan turis dari Inggris yang hendak mendaki puncak Everest. Lima korban lain adalah warga Tiongkok dan tujuh sisanya berasal dari Nepal. Tiga di antara tujuh korban dari Nepal tersebut merupakan pilot dan kru pesawat, seorang polisi, dan dua pejabat penerbangan setempat.

KATHMANDU - Pesawat Dornier 228 yang dioperasikan Sita Air itu baru beberapa menit lepas landas dari Bandara Internasional Tribhuvan, Kathmandu,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News