Peserta Bule Puji Prosesi Tanah-Air dan Semangat Gowes Nusantara

Peserta Bule Puji Prosesi Tanah-Air dan Semangat Gowes Nusantara
Pegowes melewati Islamic Center Mataram. Foto istimewa For jpnn

jpnn.com, MATARAM - Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 Etape "Bersepeda untuk Semua" akhirnya selesai digelar di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Minggu (9/7) pagi.

Sebanyak 5000-an peserta ambil bagian dalam gowes yang menempuh etape sejauh 13,2 Kilometer.

Sebelum Gowes, ada ritual suci dan sakral yang dilakukan.

Bukan untuk bersepeda, tapi untuk menyerahkan tanah dan air yang diambil dari bumi Mataram, untuk dibawa oleh perwakilan pemerintah dan disatukan dengan tanah-air dari provinsi lainnya di Magelang, Jawa Tengah dalam puncak Haornas 9 September nanti.

Suasana khidmat dan hening langsung ditunjukkan oleh para peserta saat tokoh adat Mataram, dengan mengenakan pakaian khas lengkap memimpin upacara penyerahan suci.

Seremoni tersebut menurut I Nyoman Winata, Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Massal dan Kesehatan Olahraga Kemenpora, merupakan upacara khusus untuk memberikan barang yang dikeramatkan kepada orang dari luar daerah.

"Ini upacara adat, karena itu kami juga berikan musik suling sakral untuk mengiringi upacara penyerahan suci ini," katanya di sela-sela acara.

Penyerahan dilakukan oleh 12 tokoh adat kepada Walikota Mataram Ahyar Abduh yang merupakan Tuan Guru dari masyarakat Mataram.

Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 Etape "Bersepeda untuk Semua" akhirnya selesai digelar di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Minggu (9/7) pagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News