Peserta Non Aktif Jamsostek Tembus 2,5 Juta Orang

Peserta Non Aktif Jamsostek Tembus 2,5 Juta Orang
Peserta Non Aktif Jamsostek Tembus 2,5 Juta Orang
SURABAYA - Setiap tahun, jumlah peserta tenaga kerja (TK) PT Jamsostek selalu bertambah. Meski demikian, perusahaan asuransi tenaga kerja ini memiliki pekerjaan rumah yang tidak kalah penting yakni, mengurangi jumlah peserta non aktif. Sebab, jumlah peserta non aktif ternyata lebih besar banding aktif.

Misalkan, Kanwil VI PT Jamsostek, data sampai September 2012, total peserta TK adalah 3.639.647 orang. Untuk peserta aktif hanya 1.384.581 orang, sebaliknya non aktif adalah 2.556.066.

Kepala Kanwil VI PT Jamsostek Elias Manuhutu mengatakan pihaknya akan melakukan beberapa langkah untuk mengurangi peserta non aktif. Pertama adalah mengunjungi perusahaan yang terdaftar menjadi peserta PT Jamsostek. Mereka ingin tahun apakah perusahaan itu masih operasi atau tidak. Perusahaan pelat merah itu bakal bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja. "Sebab, perusahaan tidak operasional berarti sudah tidak memiliki karyawan," katanya.

Ada dua kemungkinan, tambahnya, karyawan pindah bekerja di perusahaan lain atau tidak bekerja lagi. "Ini perlu konfirmasi lagi," paparnya.

SURABAYA - Setiap tahun, jumlah peserta tenaga kerja (TK) PT Jamsostek selalu bertambah. Meski demikian, perusahaan asuransi tenaga kerja ini memiliki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News