Pesona Alam dan Indahnya Jembatan Kelok Sembilan Manjakan Pemudik Sumbar-Riau

Pesona Alam dan Indahnya Jembatan Kelok Sembilan Manjakan Pemudik Sumbar-Riau
Pemudik tujuan Padang dari Riau atau sebaliknya disuguhi panorama indah saat melintas jembatan Kelok Sembilan. Foto: Istimewa for JawaPos.com

jpnn.com, LIMA PULUH KOTA - Buat pemudik dari Riau ke Sumatera Barat (Sumbar) atau sebaliknya, pulang ke kampung halamannya dijamin tak akan membosankan. Di jaluar tersebut terdapat beragam objek wisata alam. Selain itu, terdapat juga keindahan arsitektur dan konstruksi rumit di belantara hutan, yang bernama Jembatan Kelok Sembilan.

Jembatan yang terletak di Kabupaten Limo Puluah Kota, Sumbar ini merupakan panorama alam hutan Bukit Barisan. Jembatan itu memiliki lebar 13,5 meter, sehingga sangat luas bagi kendaraan yang melewatinya.

Soal keamanan mudik juha tak perlu risau. Tahun ini, pemerintah menyiapkan salah satu poskonya di sekitar Jembatan Kelok Sembilan. Pokso itu juga disediakan alat berat berupa dump truck, excavator, dan peralatan lainnya untuk mengantisipasi bencana.

"Kami juga sediakan posko siaga di Kelok Sembilan untuk memastikan jalur Padang-Pekanbaru lancar selama mudik Lebaran," kata Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) III, Syaiful Anwar melalui keterangan yang diterima JawaPos.com, Rabu (28/6).

Jalan sepanjang 205 kilometer ruas Padang-Bukittinggi-batas Riau dalam kondisi bagus. "Bahkan, kerusakan jalan akibat banjir dan longsor di Pangkalan awal Maret lalu, yang sempat menyebabkan akses Sumbar-Riau terputus, jalannya kini telah mulus," jelas Syaiful.

Di sisi jembatan kata dia, juga diberi ruang yang cukup luas, sehingga pengguna jalan bisa parkir kendaraan. "Jangan heran, jika Anda melewati jalur itu akan ditemukan banyak pedagang di sisi atas jembatan dari arah Riau. Mereka, menyediakan jagung bakar, es kelapa muda, dan makanan kecil lainnya," tutur dia.

Saat melewati Kelok Sembilan, pemudik akan dimanjakan dengan panorama cagar alam dan gunung-gunung, dan tentunya kontruksi jembatan yang kokoh.

Pemudik, umumnya dari Pekanbaru dengan tujuan Bukittinggi maupun Padang, bakal langsung disambut keindahan jembatan yang mulai dibangun sejak 2003 dan selesai pada 2013 itu.

Buat pemudik dari Riau ke Sumatera Barat (Sumbar) atau sebaliknya, pulang ke kampung halamannya dijamin tak akan membosankan. Di jaluar tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News