Petani Bersorak, Tapanuli Panen Padi Hingga Februari

Petani Bersorak, Tapanuli Panen Padi Hingga Februari
Panen padi di Tapanuli Tengah. Foto: Istimewa

jpnn.com, TAPANULI TENGAH - Sejak 2018 para petani di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumut sedang sibuk panen padi.

Panen ini di prediksi berlangsung hingga bulan depan. Pada 9 Januari 2018 Tim Lo dari BPTP Sumut Kementan ikut serta mendampingi petani panen di Kelurahan Tukka.

Panen dihadiri Penyuluh WKPP Tukka, PPK Kecamatan Tukka, Fajar ST yang mewakili Dinas Pertanian Kabupaten, serta Camat Kecamatan Tukka, M.Gani yang mewakili pemerintah setempat.

Pada tanggal yang sama panen juga dilaksanakan di beberapa tempat di Kabupaten Tapanuli tengah, antara lain :

1. Di Kecamatan Tukka, di Desa Hutanabolon dengan luas panen sebesar 50 Ha, Kelurahan Tukka 50 Ha dan Kelurahan Bonalumban sebesar 50 Ha.
2. Kecamatan Sukabangun luas panen sebesar 200 Ha yang berada di desa Mumbangboru.
3. Di kecamatan Sosorgadong sebesar 200 Ha di desa Rinabolak.

Varietas padi yang sedang dipanen didominasi oleh Varietas Inpari, antara lain Inpari 16 dan 30.

Menurut Petugas Simtp Dinas Pertanian Kab. Tapanuli Tengah Leden Tarigan, dari beberapa lokasi yg melaksanakan ubinan bersama dengan petugas dari statistik, diperoleh rata-rata hasil provitas 6.8 ton/ ha dengan kadar air 20 %.

Dari beberapa wawancara yg dilaksanakan oleh tim Lo BPTP Balitbangtan Kementan Sumut ke petani sekitar lokasi panen, pada umumnya petani menginginkan agar ada pergiliran varietas yg sangat diharapkan bersumber dari BPTP Balitbangtan Kementan Sumut.

Jenis padi yang sedang dipanen di Tapanuli Tengah didominasi oleh Varietas Inpari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News