Petebu Dukung Ganjar Bimbing Warga Sinjai Soal Pemanfaatan Lahan Kosong

Petebu Dukung Ganjar Bimbing Warga Sinjai Soal Pemanfaatan Lahan Kosong
Sukarelawan Petebu Ganjar memberikan pemahaman soal pemanfaatan lahan kepada warga di Sinjai. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, SINJAI - Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Petani Tebu Bersatu (Petebu) memberikan ilmu sekaligus bimbingan kepada para warga untuk memanfaatkan lahan kosongnya.

Salah satunya lewat penanaman tebu yang memiliki beragam manfaat dan khasiat.

Ketua DPD Petebu Kabupaten Sinjai, Alimuddin mengatakan mereka mulai memperkenalkan tanaman tebu sekaligus keuntungan yang didapat jika panen.

“Insyaallah dalam bulan ini akan direncanakan pilot project, yaitu menggalakkan penanaman tebu kembali di Sinjai. Seluas satu hingga dua hektar,” kata Alimuddin, di Desa Pattalassang, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sabtu (4/11).

Alimuddin mengaku penanaman tebu saat ini selain berguna untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus juga sebagai upaya membantu pemerintah dalam mempercepat swasembada gula nasional.

“Karena dengan menggalakkan penanaman tebu di masyarakat, nanti hasil panennya bisa dibuat bahan baku gula. Maka dari itu kami juga menggelar demo membuat gula merah dari nirah tebu,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sipakainge, Firdaus berharap rencana yang diinisiasi oleh Petebu Dukung Ganjar dapat terlaksana.

“Rencananya sukarelawan akan melaksanakan pilot project penanaman tebu seluas dua hektar dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada. Mudah-mudahan dapat terwujud, karena memang itu yang ditunggu dari masyarakat di sini (bimbingan dan arahan),” kata Firdaus.

Sukarelawan Petebu Ganjar mengajarkan warga soal pemanfaatan lahan kosong di Kabupaten Sinjai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News