Petrokimia Gresik Rilis Buku Solusi Untuk Agroindustri

Petrokimia Gresik Rilis Buku Solusi Untuk Agroindustri
Petrokimia Gresik meluncurkan buku tentang agroindustri. Foto-foto: for JPNN.com

jpnn.com, GRESIK - PT Petrokimia Gresik (PG) meluncurkan buku berjudul Langkah Nyata Menjadi Solusi bagi Agroindustri. Buku ini berisi beragam strategi menuju agroindustri. Buku yang ditulis Direktur Utama PG Nugroho Christijanto tersebut dirilis di Gresik, Rabu (5/9).

Nugroho mengatakan, saat ini PG telah hampir setengah abad, tepatnya 46 tahun. Anak usaha PT Pupuk Indonesia itu sudah memiliki 31 pabrik dengan kapasitas produksi 8,9 juta ton per tahun untuk produk pupuk dan non-pupuk.

”Dengan perkembangan dan dinamika bisnis yang ada, perusahaan telah menetapkan destinasi yang akan kita tuju, yaitu sebagai solusi untuk agroindustri,” ujar Nugroho.

Agroindustri, sambung dia, adalah jawaban bagi masa depan pertanian nasional. Agroindustri ini menyangkut semua aspek pertanian mulai hulu hingga hilir, sejak persiapan budidaya, budidaya, hingga pasca-panen.

”Semua terintegrasi dan terhubung dalam mata rantai yang menentukan mutu satu dengan yang lain, mulai produksi, pengolahan, pemasaran, hingga distribusi. Pendekatan agroindustri mengandaikan skema kerja sektor pertanian yang terintegrasi dengan dukungan infrastruktur kelembagaan yang kokoh,” ujarnya.

”Muara dari pembangunan agroindustri adalah kemandirian pangan, kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi perdesaan, memupus disparitas spasial desa dan kota, serta menumbuhkan budaya inovasi dan adopsi teknologi dalam sektor pertanian,” imbuh Nugroho.

Dia menyebutkan, sebagai penopang agroindustri nasional, Petrokimia Gresik telah bertransformasi dengan tidak hanya menjadi produsen pupuk dan bahan kimia saja, namun juga menawarkan solusi untuk agroindustri.

”Kami melebarkan sayap dengan menggarap pertanian dari hulu ke hilir, meliputi produk pembenah tanah, benih, pestisida, probiotik, produk olahan pertanian, dan sebagainya,” ujarnya.

Buku Langkah Nyata Menjadi Solusi bagi Agroindustri ditulis Direktur Utama PG Nugroho Christijanto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News