Petugas Berhasil Padamkan Kebakaran di Pulau Rinca Kawasan BTNK

Petugas Berhasil Padamkan Kebakaran di Pulau Rinca Kawasan BTNK
Tangkapan layar kebakaran di Pulau Rinca yang terjadi Selasa (2/11/2021) dari akun @labuanbajo_info di Instagram. Foto: ANTARA/Fransiska Mariana Nuka

jpnn.com, LABUAN BAJO - Puluhan petugas Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) berhasil memadamkan kebakaran yang terjadi di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (2/11).

Kepala BTNK Lukita Awang mengatakan saat melaksanakan pemadaman api, petugas dibantu oleh sebelas orang warga Rinca/Kerora.

Total personel yang berupaya memadamkan api di lokasi kebakaran sebanyak 50 orang.

"Ada 32 ranger yang diturunkan ke lokasi dan tadi pagi ada tambahan tujuh ranger lagi," kata Lukita Awang ketika dihubungi dari Labuan Bajo, Rabu.

Lukita menyebut para petugas telah melakukan penyisiran kembali untuk memastikan tidak ada bara api yang tersisa.

Dia mengatakan tidak ada lagi api di lokasi tersebut hingga siang ini. Lukita juga menjelaskan bahwa komodo berada dalam kondisi aman.

Sementara pihak BTNK masih menyelidiki penyebab pasti terjadinya kebakaran. Dia menduga kebakaran terjadi karena cuaca yang sangat panas disertai angin di lokasi kebakaran.

Kebakaran terjadi di Pulau Rinca yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo di Manggarai Barat, NTT. Kebakaran savana itu terjadi di Pulau Rinca bagian ujung utara atau barat.

Kebakaran yang terjadi di Pulau Rinca kawasan Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) sejak kemarin pada pukul 15.00 WITA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News