Phinisi Wonderful Indonesia Siap ‘Berlayar’ di MITM Penang

Phinisi Wonderful Indonesia Siap ‘Berlayar’ di MITM Penang
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Foto: Kemenpar for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kapal phinisi bakal kembali ‘berlayar’ di pameran pariwisata mancanegara. Setelah pameran pariwisata terbesar dunia ITB Berlin dan PATA Travel Mart, giliran Malaysia International Travel Mart (MITM) Penang, Malaysia yang siap ‘dilayari’ Phinisi Wonderful Indonesia pada 8-9 Juli 2017 nanti.

Pesona phinisi akan ditebar di Concourse Area, SPICE Arena - Penang,  di tengah 300 booth exhibitor TA/TO, Airlines dan National Toursim Organizations (NTOs).

Dari waktu ke waktu, desain booth Wonderful Indonesia di berbagai pameran berskala global memang selalu menggunakan replika kapal phinisi. Pilihannya dirasa sangat pas lantaran design kapalnya sangat eye cathing.

Runcing di depan dan tumpul di belakang dengan dihiasi beberapa tiang yang tinggi menjulang.

Di dalamnya juga ada tangga untuk membentangkan layar dan tali temali yang rapi. Tampilannya gampang diingat.

"Phinisi itu sudah mendunia. Pelaut-pelaut Bugis sudah menjelajah dunia dengan Phinisi. Dari Asia, Afrika, Australia, Amerika, Eropa pernah dijelajahi pelaut kita dengan phinisi. Dan, kapal model ini khas Indonesia, bisa mewakili identitas Indonesia. Karena itu kami konsisten menggunakan desain ini di semua travel market besar dunia," jelas Menteri Pariwisata Arief Yahya, Rabu (5/7).

Identitas sebagai bangsa maritim dan negara kepulauan terbesar di dunia juga terwakilkan dengan tampilan Kapal Phinisi. Sangat pas dengan visi Presiden Jokowi yang menampatkan maritim sebagai satu dari lima prioritas pembangunan. "Selain, infrastruktur, pangan, energi, pariwisata, adalah maritim," jelas mantan Dirut Telkom itu.

Bila ditarik ke pariwisata, kapal phinisi juga sangat nyambung. Tengok saja sepuluh destinasi prioritas yang bakal disulap menjadi 10 Bali Baru. Tujuh di antaranya adalah wisata bahari. Daya pikatnya adalah maritim.

Kapal phinisi bakal kembali ‘berlayar’ di pameran pariwisata mancanegara. Setelah pameran pariwisata terbesar dunia ITB Berlin dan PATA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News