Piala Afrika 2023: Pantai Gading Bikin Kejutan, Juara Bertahan Tumbang

Piala Afrika 2023: Pantai Gading Bikin Kejutan, Juara Bertahan Tumbang
Para pemain Pantai Gading meluapkan kegembiraan seusai mengalahkan Senegal dalam drama adu penalti di 16 Besar Piala Afrika 2023. Foto: cafonline

jpnn.com - YAMOUSSOUKRO - Tuan rumah Piala Afrika 2023 Ivory Coast atau Pantai Gading membuat kejutan di 16 Besar.

Bukan tim unggulan dan lulus ke 16 Besar berstatus satu dari empat peringkat ketiga terbaik, Pantai Gading menyingkirkan tim sarat bintang yang juga juara bertahan, Senegal.

Pada laga di Charles Konan Banny Stadium, Yamoussoukro, Selasa (30/1) dini hari WIB, Pantai Gading mengalahkan Senegal melalui drama adu penalti 5-4, setelah dalam dua kali babak normal dan dua kali extra time skor sama kuat 1-1.

Senegal unggul lebih dahulu pada menit ke-4 melalui Habib Diallo, memanfaatkan umpan silang Sadio Mane.

Tuan rumah tak patah arang di depan pendukungnya, menyamakan kedudukan melalui Franck Kessie dari titik penalti pada menit ke-86.

Sang juara bertahan tersingkir setelah kalah dalam drama adu penalti.

"Kami mengawali pertandingan dengan sulit, kami kebobolan di awal pertandingan, dan saya katakan sebelum pertandingan bahwa melawan tim seperti Senegal, apa pun bisa terjadi," ujar Pelatih Pantai Gading Emerse Fae.

"Kami mengalahkan Senegal, menyingkirkan mereka. Ini membuat semangat kami menjadi luar biasa melanjutkan turnamen ini," imbuhnya.

Pantai Gading telah memainkan drama adu penalti ke-11 di Piala Afrika, lebih banyak dibandingkan tim mana pun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News