Piala Menpora Esports 2020 Axis Resmi Bergulir

Piala Menpora Esports 2020 Axis Resmi Bergulir
Piala Menpora ESports 2020 Axis. Foto: dok. IESPL

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 14 ribu lebih peserta berpartisipasi dalam turnamen esports bertajuk ‘Piala Menpora Esports 2020 Axis’ yang berlangsung mulai 17 Agustus hingga Oktober mendatang.

Turnamen yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini dikhususkan untuk pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa.

“Hingga hari ini sudah 14.410 peserta. Tim terbanyak dari Jawa Barat, disusul Jawa Timur, dan DKI Jakarta. Untuk mahasiswa yang paling banyak dari UGM (Universitas Gadjah Mada) dengan tujuh tim,” kata Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports 2020 Giring Ganesha, dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Senin (17/8).

Selain UGM, universitas lain yang ikut serta, antara lain Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Indonesia (UI) Universitas Riau (UNRI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Politeknik Negeri Lhowseumawe, Universitas Halu Oleo, Universitas Udayana, Universitas Sriwijaya, hingga Universitas Nusa Nipa Maumere, NTT.

Giring mengatakan, tingginya animo peserta menguatkan indikasi bahwa esports masih tetap populer dan makin digemari di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Terbukti, sejak pendaftaran dibuka pada 1 Agustus, hanya butuh waktu kurang dari sepekan agar target kuota sebanyak 2.048 tim bisa terpenuhi.

“Piala Menpora Esports 2020 AXIS dirancang untuk menjadi wadah kompetisi bagi talenta-talenta muda esports agar mereka berkembang dan kemudian bisa menjadi atlet pro yang berprestasi di masa depan,” ujar Giring.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjelaskan, diselenggarakannya turnamen tersebut sebagai bagian dari upaya Kemenpora untuk mengembangkan dan memajukan esports secara positif di Tanah Air.

Sebanyak 14 ribu lebih peserta ikut berpartisipasi dalam turnamen Piala Menpora Esports 2020 Axis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News