Pilih Siapa jadi Ketum Golkar? Airlangga, Aziz atau Bamsoet?

Pilih Siapa jadi Ketum Golkar? Airlangga, Aziz atau Bamsoet?
Bambang Soesatyo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia Ari Junaedi memprediksi ada tiga faksi di tubuh Partai Golkar yang berkepentingan merebut posisi ketua umum untuk menggantikan Setya Novanto yang sedang ditahan KPK.

Faksi tersebut masing-masing kubu Agung Laksono serta kelompok anak muda di Golkar semacam Wakil Sekjen Ace Hasan di satu sisi.

"Kelompok ini gencar mengusung nama Airlangga Hartarto. Golkar Perjuangan juga simetris dengan Jokowi (panggilan akrab Presiden Joko Widodo)," ujar Ari kepada JPNN, Jumat (1/12).

Di sisi lain terdapat faksi Jusuf Kalla. Kelompok ini kata Ari, juga berkepentingan mendongkel pengaruh Setnov. "Kelompok ini sepertinya punya suara yang sama dengan Golkar Perjuangan, dengan mengusung nama Airlangga Hartarto," ucapnya.

Ari menilai terdapat satu faksi lagi yang bakal memperebutkan posisi ketua umum Golkar. Yaitu kubu Aburizal Bakrie. "Sepertinya faksi ini punya opsi nama seperti Aziz Syamsuddin atau Bambang Soesatyo (Bamsoet)," pungkas Ari. (gir/jpnn)


Ada tiga faksi di internal Golkar yang berkepentingan merebut posisi Ketum Golkar.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News