Pilot Lion Air JT610 Periksa Buku Panduan Sebelum Pesawat Jatuh

Pilot Lion Air JT610 Periksa Buku Panduan Sebelum Pesawat Jatuh
Pilot Lion Air JT610 Periksa Buku Panduan Sebelum Pesawat Jatuh

Pilot Lion Air JT610 yang nahas memeriksa buku pegangan untuk memahami penyebab pesawat Boeing 737 Max yang dikendalikannya terus meluncur ke bawah.

Namun tak banyak yang bisa mereka lakukan. Mereka akhirnya kehabisan waktu dan terhempas seketika ke dalam lautan, menurut tiga sumber Reuters yang mengetahui isi rekaman suara kokpit pesawat (cockpit voice recorder/CVR).

CVR Lion Air PK-LQP sendiri ditemukan pada Januari 2019 lalu dan ini adalah pertama kalinya isi CVR terungkap ke publik.

Reuters sendiri tidak memiliki rekaman maupun transkrip dari isi CVR.

Investigasi ini dilakukan setelah otoritas penerbangan Amerika Serikat Federal Aviation Administration atau FAA dan regulator lain menghentikan operasional model pesawat Boeing tersebut pascakecelakaan di Ethiopia pada 10 Maret 2019.

Kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines nomor penerbangan ET 302 terjadi hanya berselang sekitar lima bulan setelah pesawat Lion Air dengan tipe sama jatuh di perairan Laut Jawa.

Pilot Lion Air JT610 Periksa Buku Panduan Sebelum Pesawat Jatuh Photo: Petugas memeriksa puing pesawat JT610 yang ditemukan dari air. (AP: Tatan Syuflana)

Sebelumnya, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah menerbitkan laporan awal soal kecelakaan ini pada November 2018 berdasarkan rekaman flight data recorder (FDR).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News