Pimpinan DPR Minta Pemda Usut Pulau Susi

Pimpinan DPR Minta Pemda Usut Pulau Susi
Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta pemerintah daerah di Aceh mengusut status kepemilikan Pulau Sevelak yang sudah berganti nama menjadi Pulau Susi. Sebab, Pemda lebih mengetahui persoalan kewilayahan masing-masing.

Hal ini disampaikan Fadli menanggapi masih jadi polemik status Pulau Sevelak di Kabupaten Simeulue, Nangroe Aceh Darussalam (NAD), meskipun Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sudah membantah memiliki pulau tersebut.

"Saya kira pemda setempat yang seharusnya memberikan keterangan bagaimana status pulau itu, supaya ada kejelasan kepemilikannya. Pemerintah daerah yang harus berikan keterangan itu karena mereka memiliki akses terhadap semua informasi data," kata Fadli di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (17/11).

Terkait boleh tidaknya sebuah pulau dimiliki atau dikuasai oleh perseorangan atau pengusaha, politikus Partai Gerindra ini menyatakan sebaiknya sebuah pulau tidak dikuasai atau dimiliki perorangan apalagi pengusaha.

"Sebaiknya tidak, karena bagian dari kedaulatan bangsa. Bayangkan kalau pulau-pulau itu bisa dikuasai swasta dan diperjualbelikan, apalagi pulau yang strategis di perbatasan. Itu akan sangat membahayakan," tandasnya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta pemerintah daerah di Aceh mengusut status kepemilikan Pulau Sevelak yang sudah berganti nama menjadi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News