Pintu Tol Biang Kemacetan Arus Mudik Lebaran 2018

Pintu Tol Biang Kemacetan Arus Mudik Lebaran 2018
Kemacetan di jalan tol. Foto: Radar Cirebon/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah pintu tol menjadi biang kemacetan saat musim mudik lebaran 2018. Antara lain pintu tol Cikarang Utama dan Pintu Tol Kertosono.

Minggu pagi (17/8) memang terjadi kemacetan di pintu tol Cikarang Utama. Kemacetan terjadi dari arah Cibitung di km 22 hingga ke gerbang tol Cikarang Utama di km 29.

Kabagops Korlantas Polri Kombespol Benyamin mengaku sedang berada di tol Cikampek untuk melakukan pemantauan. ”Kendaraan itu tidak berhenti total, masih bergerak. Tidak macet total,” jelasnya.

Kemacetan yang lebih parah terjadi di sekitar area rest area. Dengan kondisi itu, tentunya masih belum perlu untuk dilakukan kebijakan masuk gratis. ”Perlu dipahami, momentum lebaran ini semua masyarakat keluar. Mobil keluar semua untuk silaturahmi dan lainnya,” terangnya.

Dia mengatakan, di pintu tol Kertosono juga terjadi kemacetan. Namun, pantauan Korlantas memastikan tidak kendaraan tidak berhenti.”Laporannya kendaraan masih bergerak antara 10 km per jam hingga 20 km per jam,” paparnya.

Karena itulah, perlu dipahami bahwa kemacetan total yang tidak bergerak dengan kemacetan yang masih bergerak. ”Catatannya tidak berhenti, kendaraan masih melaju,” ujarnya beberapa kali kepada Jawa Pos.

Menurutnya, untuk kemacetan di pintu tol Kertosono itu merupakan lokalan. Bukan akibat arus mudik atau balik. Namun, masyarakat akan silaturahmi ke saudara-saudaranya. ”Kayak Cikarang Utama, kemacetan hari biasa di luar lebaran itu bisa lebih parah. Tidak masalah. Tapi saat lebaran menjadi masalah,” tuturnya.

Bagaimana cara mengatasi kemacetan di tol? Dia menuturkan bahwa untuk di area Jawa Timur telah dioperasikan tol fungsional. Yang dioperasikan dengan dua arah, Madiun-Surabaya dan sebaliknya.

Kemacetan lalu lintas arus mudik lebaran tahun ini terjadi di sejumlah pintu tol, antara lain pintu tol Cikarang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News