Pipa Gas Medan-Pekanbaru Terkoneksi Arun-Belawan

Pipa Gas Medan-Pekanbaru Terkoneksi Arun-Belawan
Pipa Gas Medan-Pekanbaru Terkoneksi Arun-Belawan

jpnn.com - JAKARTA - PT Rekayasa Industri (Rekin) - anak usaha PT Pupuk Indonesia Holding Company- akan segera membangun proyek jaringan pipa gas dari Medan hingga Pekanbaru, Riau. Proyek sepanjang 500 kilometer ini diperkirakan memakan biaya sekitar 800 juta dolar AS atau sekitar Rp 9,2 triliun.

"Rekin sedang menyelesaikan studi proyek pipa gas dari Medan-Pekanbaru. Waktunya tiga bulan, jika semua aspek terpenuhi maka langsung direalisasikan," ujar Menteri BUMN Dahlan Iskan di kantor Pupuk Kaltim, Jakarta, Kamis (8/5).

Dikatakan Dahlan, pembangunan jaringan pipa gas Medan-Riau itu merupakan bagian dari upaya pemerintah mengembangkan infrastruktur pasokan gas di Pulau Sumatera. Saat ini,  lanjut Dahlan, PT Pertamina melalui anak usahanya PT Pertagas sedang menuntaskan jaringan pipa gas dari Arun, Aceh menuju Belawan, Medan sepanjang 345 kilometer.

"Pembangunan jalur pipa gas Arun-Belawan akan rampung pada Oktober 2014. Jalur tersebut akan tersambung dengan pipa gas Medan-Riau yang dibangun oleh Rekin," imbuh bekas Dirut PLN itu.

Dengan begitu, infrastruktur pipa gas mulai Aceh, Medan, Riau, hingga Sumatera Selatan akan tekoneksi, termasuk bisa memenuhi kebutuhan pembangkit PLN. Sedangkan Medan-Riau selain untuk keperluan PLN, juga akan memasok kebutuhan gas bagi industri di sepanjang wilayah itu.

"Dengan beroperasinya pipa milik Pertagas diharapkan krisis energi di Aceh dan Sumatera Utara dapat diatasi dan dapat menghidupkan industri di wilayah tersebut," harap pria berkacamata ini. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - PT Rekayasa Industri (Rekin) - anak usaha PT Pupuk Indonesia Holding Company- akan segera membangun proyek jaringan pipa gas dari Medan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News