Pj Bupati Kudus: Penambahan Pegawai Lewat Penerimaan PPPK Harus Dioptimalkan

Pj Bupati Kudus: Penambahan Pegawai Lewat Penerimaan PPPK Harus Dioptimalkan
Penjabat Bupati Kudus Bergas Catursasi Penanggungan saat penutupan orientasi PPPK angkatan IV-VX di lapangan tenis Angga Sasarana Krida Kudus, Kamis (28/12/2023). (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jpnn.com - KUDUS - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengoptimalkan penambahan pegawai lewat penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Hal itu menyusul banyaknya pegawai di lingkungan Pemkab Kudus, yang memasuki masa pensiun. 

Menurut Penjabat Bupati Kudus Bergas Catursasi Penanggungan, penambahan pegawai lewat mekanisme PPPK harus dioptimalkan.

"Kebutuhan pegawai setiap tahunnya memang terus bertambah, menyusul banyaknya pegawai yang memasuki masa pensiun, sedangkan penambahan pegawai tidak banyak, sehingga penambahan lewat PPPK harus dioptimalkan," kata Penjabat Bupati Kudus Bergas Catursasi Penanggungan seusai menghadiri Penutupan Orientasi PPPK Angkatan IV-VX di Lapangan Tenis Angga Sasarana Krida Kudus, Kamis (28/12).

Dia berharap PPPK yang sudah mengikuti orientasi bisa menggantikan pegawai yang pensiun dengan kualitas kinerja yang lebih baik.

Untuk itu, kata dia, rekrutmen PPPK memang dituntut bisa menghasilkan pegawai yang berkualitas untuk menutupi kekurangan jumlah pegawai.

"Apalagi, saat ini memasuki masa kecerdasan buatan atau "artificial intelligence" (AI) sehingga kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang ada bisa dioptimalkan. Berbeda ketika belum banyak menggunakan AI, tentunya masih butuh banyak SDM," ujarnya.

Pegawai honorer yang diangkat sebagai ASN melalui skema PPPK diharapkan bisa menunjukkan kinerjanya dalam bidang tugas masing-masing serta kekompakan dalam bertugas.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kudus Putut Winarno menambahkan setiap tahun memang ada 300-an ASN yang pensiun, termasuk di dalamnya tenaga pendidik.

Pj Bupati Kudus Bergas Catursasi Penanggungan menegaskan penambahan pegawai lewat penerimaan PPPK harus dioptimalkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News