Pj Gubernur Agus Fatoni Launching Pilgub Sumsel 2024, Simak Pesan dan Harapannya

Pj Gubernur Agus Fatoni Launching Pilgub Sumsel 2024, Simak Pesan dan Harapannya
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni (tiga dari kiri) saat menghadiri acara launching Pilgub Sumsel 2024 pada Minggu (5/5). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni resmi me-launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumsel 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor KPU Sumsel, Jakabaring, Palembang pada Minggu (5/5).

Fatoni menyampaikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Indonesia merupakan implementasi dari proses demokrasi yang diamanatkan oleh konstitusi.

"Sukses penyelenggaraan pemilihan setidaknya ditentukan oleh empat unsur, yaitu adanya dukungan dan fasilitas dari pemerintah, penyelenggara pemilihan yang mandiri dan berkualitas, peserta pemilihan yang taat terhadap peraturan serta masyarakat yang cerdas dan santun berpolitik,” kata Fatoni dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (7/5).

Fatoni menyebut untuk kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang, dan kewajiban penyelenggara pemilihan, pemerintah daerah telah memberikan bantuan dana hibah pemilihan serentak kepada KPU dan Bawaslu Sumsel.

Dana hibah yang diberikan untuk KPU Sumsel sebesar Rp 234.454.246.740, dengan perincian pada 2023 diberikan 40 persen dan tahun ini sebesar 60 persen.

"Utuk Bawaslu Sumsel sebesar Rp 72.956.696.000 dengan rincian pada tahun 2023 diberikan sebesar 40 persen, dan tahun 2024 sebesar 60 persen,” paparnya.

Pemberian dana hibah diawali dengan penandatanganan Naskah Hibah Perjanjian Daerah (NPHD) antara Pemprov dengan KPU dan Bawaslu Sumsel.

Simak pesan dan harapan Pj Gubernur Agus Fatoni saat melaunching Pilgub Sumsel 2024 pada Minggu (5/5)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News