Pj Gubernur Babel Menggerebek Tambang Ilegal Ini, Lihat

Pj Gubernur Babel Menggerebek Tambang Ilegal Ini, Lihat
Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin (kanan) saat sidak tambang ilegal di Geosite Open Pit Nam Salu Belitung Timur, Jumat (20/5). ANTARA.Diskominfo Babel

jpnn.com, BELITUNG TIMUR - Penjabat (Pj.) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babe)l Ridwan Djamaluddin menggerebek tambang ilegal di kawasan Geosite Open Pit Nam Salu, di Belitung Timur.

Ridwan menegaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel bakal membersihkan semua tambang ilegal di salah satu destinasi Geopark Nasional Belitung yang diakui UNESCO Global Geopark itu.

"Penambangan ilegal itu jelas tidak boleh dan itu harus bersih," ucap Ridwan Djamaluddin dalam keterangan pers di Pangkalpinang pada Sabtu (21/5).

Ridwan menyebut Geosite Open Pit Nam Salu merupakan warisan geologi bekas tambang timah terbuka yang terdalam dan terbesar di Asia Tenggara.

Selain itu, kawasan tersebut juga merupakan salah satu destinasi Geopark Nasional Belitung yang diakui UNESCO Global Geopark sejak 2021.

"Bagaimana mau menjadikan geopark yang sesuai ketentuan, kalau masih ada penambangan ilegal," kata Ridwan.

Menurut dia, aktivitas penambangan ilegal di lokasi geosite itu masih marak.

Setidaknya, ada tiga titik yang menjadi lokasi penambangan ilegal yang telah ditertibkan Geosite Open Pit Nam Salu.

Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin menggerebek tambang ilegal di kawasan Geosite Open Pit Nam Salu yang diakui UNESCO. Kalimatnya tegas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News