Pj Gubernur Jakarta Singgung Masalah Banjir dan Macet

Pj Gubernur Jakarta Singgung Masalah Banjir dan Macet
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Foto: ANTARA/Bayu Prasetyo

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyinggung tiga masalah utama di ibu kota.

Banjir, menata kota, dan mengurai kemacetan akan menjadi fokus Heru.

"Beberapa waktu yang lalu saya sudah disampaikan arahan Bapak Presiden, ada tiga. Tiga itu kerjanya sudah waduh luar biasa, jadi harus kerja dan kerja turunan dari penanganan banjir, turunan dari tata ruang dan tentunya bagaimana mengurai kemacetan," kata Heru di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Pada hari ini Menteri Dalam negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 100/P Tahun 2022 Tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta Masa Jabatan 2017-2022 dan Pengangkatan Penjabat Gubernur DKI Jakarta yang ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 14 Oktober 2022. Heru Budi sebelumnya adalah Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) sejak 2017.

"Program-program yang dirasakan oleh masyarakat langsung tentunya akan kami kami agendakan di dalam pembahasan APBD 2023 yang mungkin dalam waktu dekat akan kami bahas," tambah Heru.

Menurut Heru, dia pun akan langsung bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk meminta saran dan koordinasi mengenai apa yang dapat pemerintah DKI Jakarta lakukan bersama-sama dengan Kementerian PUPR untuk mengatasi banjir.

"Kalau banjir, kan, ada tiga, banjir rob, banjir hujan yang memang masuk ke area Jakarta dan banjir kiriman. Nanti sore saya akan bertemu dengan Pak Menteri PUPR terkait dengan banjir kiriman yang memang harus terbebankan di DKI. Jadi ada pembangunan waduk, sodetan, dan lainnya," ungkap Heru.

Dalam APBN 2023 pun menurut Heru akan dimasukkan anggaran terkait penanganan air rob seperti pembangunan break water, pembangunan turap, dan beberapa waduk di sekitar Jakarta Utara atau Jakarta Barat.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyinggung tiga masalah utama di ibu kota. Terutama banjir dan kemacetan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News