Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Meminta PT Vale Menanam Sukun

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Meminta PT Vale Menanam Sukun
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin. Foto: Humas Kemendagri/dok.JPNN.com

jpnn.com - MAKASSAR - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin menyarankan PT Vale di Kabupaten Luwu Timur untuk merehabilitasi lahan tambang dengan menanam sukun.

Bahtiar mengatakan saat ini tengah dicanangkan gerakan merawat alam sekaligus menambah ekonomi masyarakat.

Bahtiar yang juga Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu mengatakan, berbagai tanaman hortikultura ditanam dengan memanfaatkan lahan telantar.

"Saya pikir PT Vale bisa menjadi contoh perusahaan di Indonesia bahkan dunia, bagaimana melakukan penambangan, sekaligus menjaga lingkungan, termasuk menjaga ekosistemnya, alamnya dijaga sedemikian rupa," ujar Pj Gubernur Sulsel Bahtiar di Makassar, Jumat (5/1).

Pada kunjungan kerjanya di Luwu Timur, Pj Gubernur Sulsel dan Bupati Luwu Timur Budiman juga mengikuti jalan sehat di kawasan komplek perusahaan tersebut.

Selanjutnya, Bahtiar Baharuddin melakukan penanaman di Taman Kehati Sawerigading Wallacea, pengembangan dari Modern Nursery Vale.

Dia menanam bibit pohon endemik buah lokal Sulsel yang banyak tersebar di Luwu Raya, Buah Dengen (Dillenia serata).

Nursery tersebut menjadi tempat pembibitan untuk rehabilitasi lahan di wilayah konsesi maupun di luar lahan konsesi.

Pj Sulsel Bahtiar Baharuddin meminta PT Vale di Kabupaten Luwu Timur untuk merehabilitasi lahan tambang dengan menanam sukun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News