Planet Venus Bisa Dilihat Hari Ini

Planet Venus Bisa Dilihat Hari Ini
Planet Venus Bisa Dilihat Hari Ini
CALIFORNIA - Fenomena transit planet Venus terakhir pada abad ini bisa disaksikan hari ini, Rabu (6/6). Saat itu, Venus akan melintasi bagian depan Matahari dan berada sejajar dengan Bumi sehingga terlihat seperti noktah hitam pada lingkaran matahari dari Bumi.Namun ada yang perlu diketahui tentang planet tetangga dekat Bumi ini. Menurut Space.com  setidaknya ada lima fakta aneh mengenai Venus yang menarik untuk disimak.

Benarkah Venus itu secantik yang diceritakan dalam mitologi? Fakta menyebutkan bahwa para astronom saat ini mengetahui lebih dari 1.600 gunung berapi ada di permukaan planet ini. Beberapa diantaranya merupakan gunung api aktif. Visi Magellan yang dilakukan NASA terhadap permukaan Venus yang dilakukan pada awal 1990 lalu, memperlihatkan peta Venus secara detail dan mengetahui bahwa permukaan planet itu rata, namun kaya akan apa yang terlihat seperti gunung berapi yang sedang tidur.

Ilmuwan membuat dua teori untuk menjelaskannya, pertama hal ini membuktikan jika Venus pernah mengalami banjir aliran lava di seluruh kawasan planet sekitar 500 juta tahun lalu dan kemudian mengalami koma secara geologi. Teori kedua, planet itu tetap terjaga dan lava terus disemburkan secara terus menerus.

Sehari Venus setara setahun di Bumi. Bayangkan bila sehari hampir seakan setahun lamanya. Itulah yang terjadi di planet yang juga dikenal dengan sebutan bintang fajar ini. Karena perputaran (rotasi) yang lambat para ilmuwan menyebut satu hari Venus (waktu yang diperlukan planet Venus untuk menyelesaikan satu putaran) setara dengan 243,018 hari di Bumi. Jika itu hanya satu hari, pikirkan bagaimana jika bekerja seminggu saja di sana!

CALIFORNIA - Fenomena transit planet Venus terakhir pada abad ini bisa disaksikan hari ini, Rabu (6/6). Saat itu, Venus akan melintasi bagian depan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News