Please, PSK Kalijodo Juga Butuh Perlakuan Manusiawi

Please, PSK Kalijodo Juga Butuh Perlakuan Manusiawi
Foto/ilustrasi: dokumen Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR yang membidangi agama dan sosial, Kuswiyanto mendukung rencana Pemerintah Provinsi DKI menertibkan kawasan Kalijodo yang dikenal sebagai lokalisasi liar. Meski demikian ia wanti-wanti agar penertiban di Kalijodo dilakukan secara manusiawi.

"Kami setuju dengan Kalijodo yang berkaitan dengan prostitusi harus digusur. Proses penggusurannya harus manusiawi, pertama harus ada sosialisasi agar tidak menimbulkan kekerasan dan ketakutan," kata Kuswiyanto saat dihubungi di Jakarta, Rabu (17/2).

Politikus PAN itu juga mengatakan, penggusuran lokalisasi liar di Kalijodo harus dibarengi dengan solusi bagi bekas warganya yang selama ini menggantungkan hidup dari  prostitusi. Misalnya, dengan memberi pelatihan keterampilan kepada warga eks Kalijodo.

"Jalan keluarnya yang pertama tentu harus ada pelatihan sesuai dengan minat dan bakat. Setelah itu pemerintah memberikan modal dan pembinaan agar mereka hidup normal lagi," jelasnya.

Ia meyakini bila penanganan terhadap warga Kalijodo dilakukan secara terencana, maka mereka bisa kembali hidup normal. "Saya mendukung dan setuju, jangan sampai ada prostitusi di DKI ini. Tapi prosesnya harus manusiawi jangan sampai melanggar HAM," pungkasnya.(fat/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News