PLN Peduli dan BenihBaik Bangkitkan Potensi Diri Kaum Perempuan Pesisir Jepara

PLN Peduli dan BenihBaik Bangkitkan Potensi Diri Kaum Perempuan Pesisir Jepara
Perahu bantuan untuk nelayan Jepara dari PLN dan BenihBaik. Foto: dok PLN

jpnn.com, JEPARA - PLN Peduli dan BenihBaik menggelar kegiatan Pemberdayaan Perempuan Pesisir Kelompok Nelayan Jepara, Jateng setelah melihat besarnya potensi dari kaum wanita setempat yang dapat mendukung perekonomian keluarga

Pada kegiatan atau program yang berlangsung pada Kamis, 11 Maret 2023 di kawasan pesisir Jepara ini, PT PLN memberikan perahu untuk bapak-bapak nelayan rajungan dan pelatihan untuk ibu-ibu.

Pelatihan ini mengarahkan agar ibu-ibu bisa turut mendukung para suaminya dengan karya sehingga pelatihan pembuatan produk olahan rajungan ini bisa menambah ekonomi keluarga.

Program Pemberdayaan UMKM

Taufiq Dwi Nurcahyo, Manajer Subbidang Pengelolaan UMK PT PLN Persero mengatakan program ini merupakan program pemberdayaan UKM, terutama perempuan dan difabel.

“Perempuan dan difabel itu dianggap kelompok rentan. Karena perempuan dan difabel itu dianggap minor. Kami harap dengan program ini perempuan dan difabel bisa berdaya dan berkarya. Jadi program ini bukan cuma untuk bapak-bapaknya saja," ujar Taufiq.

Sementara, Farhan Prastiyan selaku Partnership Manager BenihBaik.com mengungkapkan program pemberdayaan tersebut menjadi fokus utama agar para perempuan atau ibu-ibu bisa melakukan aktivitas yang bernilai dan bermanfaat secara ekonomi.

“Di sini kita melakukan pelatihan untuk membuat alat tangkap rajungan. Asalnya alat tangkap ini harus beli, tetapi sekarang sudah bisa bikin sendiri yang jauh lebih ramah lingkungan,” terang Farhan.

PT PLN bekerja sama dengan BenihBaik memberikan perahu untuk nelayan rajungan dan pelatihan untuk ibu-ibu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News