PLTG Jakabaring Siap Layani 60 Ribu Rumah

PLTG Jakabaring Siap Layani 60 Ribu Rumah
PLTG Jakabaring Siap Layani 60 Ribu Rumah
Jakabaring, Palembang Pos--Akhir tahun ini kekurangan pasokan listrik di Palembang, khususnya di malam hari akan teratasi. Seiring beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Jakabaring. Pembangkit yang mampu menghasilkan listrik 60 mega waat (MW) yang mampu melayani hingga 60 ribu rumah penduduk serta industri ini merupakan yang pertama di Indonesia dan akan mulai beroperasi bulan depan (Desember).

Kepastian tersebut diperoleh saat dilakukan peninjauan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan ke kompleks PLTU Jakabaring. Di sela-sela kunjungan, Dahlan Iskan yang sedang meroket namanya berkat keberaniannya melarang BUMN memberi upeti kepada anggota DPR itu mengatakan bahwa PLTU ini akan menjadi solusi bagi kekurangan listrik di Sumsel khususnya di Palembang.

”Jalan keluar agar siang dan malam tidak kekurangan listrik, ya ini menggunakan ini (pembangkit berbahan bakar gas, Red) pada jam-jam tertentu sekitar jam 5 atau jam 4 sore hingga jam 10-11 malam karena ini fleksible,” ujar Dahlan sambil melihat-lihat fasilitas PLTU tersebut, Sabtu (3/10).

Dijelaskan, jika gas kecil 3,5 mm ditemukan di Jakabaring, kemudian harus dikirim ke pembangkit listrik di kawasan borang atau di mana saja maka perlu pemasangan pipa yang panjang hinga berkilo-kilo. Sementara gas yang ada belum tentu bisa dimanfaatkan hingga 10 tahun. Untuk itulah langsung dibangkitkan (dibangun pembangkit) di kawasan Jakabaring atau di lokasi di mana gas ditemukan.

Jakabaring, Palembang Pos--Akhir tahun ini kekurangan pasokan listrik di Palembang, khususnya di malam hari akan teratasi. Seiring beroperasinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News