PM India Resmikan Pembangunan Kuil Hindu di Atas Reruntuhan Masjid Barbri

PM India Resmikan Pembangunan Kuil Hindu di Atas Reruntuhan Masjid Barbri
PM India Narendra Modi. Foto: Reuters

jpnn.com, AYODHYA - Perdana Menteri India Narendra Modi turun langsung meresmikan proyek pembangunan sebuah kuil Hindu di atas lahan tempat Masjid Babri pernah berdiri di Kota Ayodhya, Rabu (5/8).

Masjid Barbri didirikan oleh Kesultanan Mughal pada abad ke-16 di atas lahan yang diyakini oleh umat Hindu sebagai tempat kelahiran Sri Rama.

Pada 1992, masjid itu dihancurkan oleh massa Hindu yang tidak rela situs suci tersebut digunakan umat agama lain. Peristiwa itu juga memicu kerusuhan yang menewaskan sekitar 2.000 orang, sebagian besar muslim.

Mahkamah Agung India akhir tahun lalu memutuskan lahan tersebut diserahkan kepada umat Hindu dengan dengan syarat komunitas muslim harus diberi lokasi pengganti untuk pembangunan masjid.

Pembangunan kuil di lokasi tersebut telah lama jadi janji kampanye Modi dan partai BJP yang dipimpinnya.

“Saksikan kekuatan luar biasa Sri Rama. Bangunan dihancurkan, ada banyak upaya untuk menghapus eksistensinya, tetapi Rama tetap ada dalam pikiran kita hingga hari ini," ujar Modi dalam acara persmian tersebut.

Bunga-bunga kuning menghiasi area yang baru saja dibersihkan di sekitar sebuah kuil di tepi Sungai Sarayu di mana Modi berdoa sebelum menuju ke lokasi pembangunan kuil pada siang.

Nyanyian doa bergema di seluruh kota, yang terletak sekitar 687 kilometer di tenggara ibu kota New Delhi, ketika para pemuja dan pendeta Hindu memadati banyak kuil kuno dalam perayaan.

PM India Narendri Modi meresmikan dimulainya pembangunan sebuah kuil Hindu di atas lahan tempat masjid Barbri pernah berdiri

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News