PM Kamboja Temui Wartawan, Gelar Jumpa Pers

PM Kamboja Temui Wartawan, Gelar Jumpa Pers
PENJELASAN - Jumpa pers PM Kamboja Hun Sen dan Menlu-nya di lokasi KTT ASEAN. Foto: Arsito/JPNN.
JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Kamboja Samdec Hun Sen menemui puluhan wartawan di ruang Media Center, Jakarta Convention Center siang ini, 8 Mei 2011. Hun Sen didampingi Menteri Luar Negeri Kamboja Hor Namhong menjelaskan tentang sengketa perbatasan yang terjadi dengan Thailand. Sengketa ini dibawa ke Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-18 yang berlangsung 7-8 Mei 2011.

Hun Sen membuka pembicaraan dengan mengatakan dirinya jarang melakukan konferensi pers. Namun, ia berkeinginan menyampaikan persoalan ini kepada wartawan. “Semua orang tahu bahwa masalah perbatasan Kamboja dan Thailand telah merusak atmosfer ASEAN,” ujarnya.

Dengan semangat ASEAN, Indonesia sebagai Ketua ASEAN telah berupaya menyelesaikan sengketa ini sejak Februari 2011 sampai sekarang. Pada pertemuan 22 Februari lalu, para menteri luar negeri memutuskan untuk mengirim tim peninjau ke perbatasan. “Kamboja bertanggung jawab dan memikirkan perasaan orang lain. Oleh karena itu, Kamboja menjawab secepatnya TOR yang dirancang oleh Indonesia, “ jelas Hun Sen.

Thailand tidak menandatangani penerimaan TOR itu. Sebaliknya, malah memaksa Kamboja menarik pasukan dari wilayahnya sendiri. Menteri Luar Negeri Kamboja menolak kondisi itu dan Hun Sen menekankan dalam pertemuan bahwa penarikan pasukan dari wilayah Kamboja tidak dapat diterima.

JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Kamboja Samdec Hun Sen menemui puluhan wartawan di ruang Media Center, Jakarta Convention Center siang ini, 8 Mei

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News