Pola Kemitraan Tingkatkan Kinerja Ekspor dan Kesejahteraan Petani Pisang di Lampung

Pola Kemitraan Tingkatkan Kinerja Ekspor dan Kesejahteraan Petani Pisang di Lampung
Pisang Kepok. ILUSTRASI. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, LAMPUNG - Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan pengembangan usaha pertanian berbasis kemitraan yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan kinerja ekspor pertanian serta peningkatan kesejahteraan petani. Salah satu yang dilakukan Kementan adalah dengan program pengembangan Kawasan Pisang Komersial di Kabupaten Tanggamus Lampung.

Pola kemitraan antara petani dan pelaku usaha dipercaya berhasil meningkatkan nilai ekspor pisang segar Indonesia. Berdasarkan Data BPS volume ekspor pisang segar pada 2018 meningkat 67 persen dibanding tahun 2017.

Plt Direktur Buah dan Florikultura Sri Wijayanti Yusuf mengungkapkan, ekspor pisang segar Indonesia berpotensi besar akan terus meningkat seiring dengan semakin luasnya petani yang mengadopsi pola kemitraan dalam berusaha.

“Tidak menutup kemungkinan ekspor pisang segar Indonesia akan terus meningkat seiring dengan meluasnya kemitraan antara petani dan perusahaan swasta, data BPS menyebutkan tahun 2017 volume ekpsor pisang segar Indonesia hanya sebesar 18.192,5 ton, tahun 2018 meningkat hingga 67 persen menjadi 30.373 ton,” ungkap Sri pada saat Kunjungan Lapang ke kabupaten Tanggamus.

Melalui kemitraan ini, lanjut Sri, petani didorong dan dibina untuk membudidayakan varietas pisang yang diminati pasar dengan mengacu pada budidaya yang baik, sehingga dapat menghasilkan pisang yang bermutu tinggi. Selain itu pisang hasil budidayanya dijamin pemasarannya bahkan didorong untuk mengisi peluang ekspor.

“Tercatat pada 2018 pernah diekspor ke Singapura dan Tiongkok. Pisang mas yang dikembangkan melalui pola ini ternyata memiliki potensi ekspor yang cukup besar. Bahkan kebutuhannya belum dapat dipenuhi karena banyaknya permintaan dari negara-negara seperti Singapura, Tiongkok dan Timur Tengah. Permintaan ekspor ke Singapura baru seperlimanya dapat terpenuhi,” beber Sri.

Manfaat pola kemitraan dalam meningkatkan pendapatan dirasakan oleh salah seorang petani di Kabupaten Tanggamus bernama Suroto, yang mengaku pendapatannya jauh meningkat sejak bergabung dalam program kemitraan. Sebelum bermitra, pendapatan bersihnya hanya Rp 6 juta yang diterima setelah 4 bulan bertani padi dan jagung.

"Setelah bermitra bukan hanya dapat pasar, harganya juga stabil. Lahan saya seluas 0,7 hektare menghasilkan 0,5 ton pisang tiap minggunya. Dari itu saya mendapat keuntungan bersih Rp 5 juta per bulan,” ucap Suroto dalam keterangan resminya, Sabtu (23/3)

Kementan terus melakukan pengembangan usaha pertanian berbasis kemitraan yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan kinerja ekspor pertanian serta peningkatan kesejahteraan petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News