Polda Jateng Selidiki Perusahaan yang Limbahnya Mencemari Sungai Bengawan Solo

Polda Jateng Selidiki Perusahaan yang Limbahnya Mencemari Sungai Bengawan Solo
Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal Alqidusy (tiga dari kiri) mendampingi Kapolda jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi (dua dari kiri) saat menghadiri acara panen dan tabur 3.000 ekor benih ikan lele di Polsek Polokarto, Polres Sukoharjo, Rabu (8/9/2021). ANTARA/HO Humas Polda Jateng.

jpnn.com, SOLO - Polda Jawa Tengah akan menindak tegas perusahaan yang limbahnya mencemari air Sungai Bengawan Solo, Jateng. 

Hal itu menyusul maraknya pemberitaan di media terkait Sungai Bengawal Solo tercemar limbah salah satu pabrik, dalam beberapa hari terakhir. 

“Polda Jateng akan melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) untuk mendapatkan data perusahaan yang sampai saat ini tidak mengindahkan sanksi administratif yang dibebankan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes  Iqbal Alqidusy, di Solo, Kamis (9/9). 

Dia mengatakan Polda Jateng akan langsung melakukan penyelidikan terhadap perusahaan tersebut. 

Jika terbukti maka akan ditindak tegas perusahaan yang limbahnya mencemari Sungai Bengawan Solo.

Selain itu, Iqbal juga menyampaikan apabila dari perusahaan tersebut masih diketemukan melakukan dumping, dapat dikenakan dengan Pasal 114 Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

"Kami akan berkoordinasi dengan DLHK, dan kami juga akan melakukan pendataan kembali terhadap perusahaan yang menganggap enteng hal seperti ini," ujar Kombes Iqbal.

Dia menyatakan pada Pasal 114 UU PPLH, setiap penanggung jawab usaha atau kegiatan yang tidak melaksanakan paksaan pemerintah, akan dipidana dengan pidana penjara paling lama satu tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar.

Polda Jawa Tengah menyelidiki perusahaan yang limbahnya diduga mencemari air Sungai Bengawan Solo, Jateng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News