Polemik Papua, Simak Saran Fahri Hamzah untuk Pak Jokowi

Polemik Papua, Simak Saran Fahri Hamzah untuk Pak Jokowi
Suasana di Kota Jayapura, Papua, masih tegang, Jumat (30/8). Foto: Antaranews.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan Presiden Jokowi harus mengeluarkan langkah-langkah luar biasa dalam menyikapi perkembangan terbaru di Papua.

Menurut Fahri, presiden tidak bisa hanya mengeluarkan imbauan-imbauan yang datar dalam situasi seperti sekarang ini. Dia menegaskan, harus ada pesan yang sampai di hati masyarakat khususnya di Papua.

"Harus ada pesan yang sampai ke hati masyarakat, khususnya masyarakat Papua yang menganggap bahwa ada yang tidak beres dalam cara kita melihat Papua," kata dia kepada wartawan, Jumat (30/8).

BACA JUGA : Warga Manokwari Akan Demo Lagi, Kapolda Papua Barat : Polri - TNI tak Sedang Hadapi Musuh

Fahri berujar, Presiden Jokowi harus mewakili seluruh bangsa Indonesia, dan menjelaskan secara gamblang rencana-rencana dan tindakan-tindakan yang harusnya sudah akan diambil dalam rangka membagun kepercayaan masyarakat.

"Sambil tentunya mendengar apa yang sekarang dalam jangka pendek dituntut oleh masyarakat. Lalu kemudian mencoba membangun pengertian jangka panjang tentang keadaan," tambahnya.

BACA JUGA : Wiranto Belum Mau Ungkap Jumlah Korban Tewas di Papua

Menurut dia, kalau presiden terlalu datar membuat pernyataan sementara orang sudah bertindak jauh, termasuk adanya pihak-pihak yang mencoba menginternasionalisasi persoalan ini, bisa menimbulkan penyesalan karena terlambat.

Belakangan warga di sejumlah wilayah di Papua menggelar aksi unjuk rasa menyusul aksi penyerangan asrama mahasiswa Papua di Jatim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News