Polisi Amankan 2500 Terompet Sampul Alquran

Polisi Amankan 2500 Terompet Sampul Alquran
ILUSTRASI. FOTO: Radar Pekalongan/JPNN.com

jpnn.com - MATARAM – Polisi mengamankan sebanyak 2500 terompet sampul Alquran di berbagai daerah di NTB hasil dari razia yang digelar oleh Polda NTB dan Polres. Terompet-terompet dari sampul Alquran ini beredar di  Lombok Barat (Lobar) Lombok Timur (Lotim) dan Bima.

“Awalnya terompet-terompet bertuliskan ayat Alquran ini pertama kali kita dapatkan di Lotim pada Selasa (29/12, red) pagi. Kemudian siang hingga sore langsung kita gelar razia di semua Polres jajaran,” ujar Kabid Humas Polda NTB AKBP Tri Budi Pangastuti, kemarin.

Polisi mengidentifikasi dua orang yang bertindak sebagai agen terompet ini di Mataram masing-masing berinisial H dan M.

Dari interogasi yang dilakukan, kepolisian memperoleh keterangan jika kedua orang ini mengaku bahan terompet berupa kertas sampul Alquran ini diperoleh dari seseorang di wilayah Wonogiri, Jawa Tengah (Jateng) sekitar sebulan lalu. Bahan-bahan tersebut kemudian oleh pelaku dirakit di Mataram dan diedarkan.

“Mereka juga mengaku sudah menjual terompet jenis ini di beberapa wilayah di NTB dengan harga grosiran antara Rp 1700 sampai dengan Rp 2300 per unitnya. Mereka juga mengaku sudah mulai menjualnya sebulan lalu,” katanya seperti dilansir Harian Radar Lombok (Grup JPNN.com).

Menurut Tribudi, kedua orang ini juga diketahui tidak ada maksud lain saat membuat dan memperjual-belikan terompet sampul bahan Alquran ini. Pengakuannya juga menyatakan tidak pernah bermaksud untuk melecehkan maupun penistaan. Dengan keterangan ini, kepolisian menyatakan keduanya tidak bisa diproses hukum.

Polisi masih terus merazia pedagang terompet bersampul Alquran ini. Kasubag Humas Polres Lombok Tengah, AKP Made Suparta mengatakan, penjualan terompet sampul Alqur'an ini  bukan hanya  di Kota Praya namun di luar Praya juga ditemukan.

“Barang-barang tersebut sudah kita sita, sedangkan pedagang sendiri kita lepas setelah memintai keterangan. Pedagang mengaku membelinya di Mataram,” katanya.

MATARAM – Polisi mengamankan sebanyak 2500 terompet sampul Alquran di berbagai daerah di NTB hasil dari razia yang digelar oleh Polda NTB dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News