Polisi Kewalahan Cegah Pemudik

Rabu, 12 Mei 2021 – 00:14 WIB
Polisi Kewalahan Cegah Pemudik - JPNN.com
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. Foto: Fransiskus Adryanto Pratama/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo angkat suara perihal adanya pemudik sepeda motor menerobos barikade kepolisian di Kedungwaringin, perbatasan Kabupaten Bekasi-Karawang pada Minggu (9/5) malam.

Menurut Sambodo, pihaknya telah melakukan penambahan personel dan pos penyekatan.

Namun, dia mengatakan sebanyak apa pun personel tetap membutuhkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi aturan pemerintah agar tidak mudik.

"Seberapa besar pasukan kami terjunkan, kami butuhkan kesadaran kolektif masyarakat untuk mau mematuhi anjuran pemerintah," kata Sambodo di Polda Metro Jaya, Selasa (11/5).

Polisi telah menambah personel dan pos penyekatan merespons kejadian di Kedungwaringin. Hanya saja, upaya itu dinilai belum ampuh.

Pasalnya, saat polisi memutarbalik pemudik, banyak pemudik yang enggan mengamini perintah petugas sehingga menimbulkan kerumunan.

"Banyak masyarakat yang tetap memaksa untuk bisa mudik. Mereka juga tidak mau kami putar balik sehingga menimbulkan kerumunan," ujar Sambodo.

Ribuan pemudik menggunakan sepeda motor menjebol pos penyekatan di Jalur Pantura Kedungwaringin, perbatasan Kabupaten Bekasi-Karawang pada Minggu (9/5) malam.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...