Polisi Periksa 11 Saksi Terkait Sunda Empire

Polisi Periksa 11 Saksi Terkait Sunda Empire
Video yang menunjukkan keberadaan Sunda Empire di Bandung. Foto: ANTARA/Bagus Rizaldi

jpnn.com, BANDUNG - Polda Jawa Barat terus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi terkait kemunculan kelompok Sunda Empire. Hingga hari ini, Selasa (28/1), sudah ada belasan orang saksi diperiksa.

“Dari Polda Jawa Barat telah memeriksa 11 orang saksi terdiri dari saksi yang mengetahui tentang peristiwa deklarasi, saksi yang tempatnya digunakan sebagai tempat deklarasi, beberapa anggota Sunda Empire,” kata Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Asep Adisaputra.

Selain itu, kata Asep, ada juga ahli bahasa, ahli pidana, ahli sosilogi, hingga ahli sejarah yang turut diperiksa oleh penyidik.

“Keterangan para ahli digunakan untuk menentukan langkah komprehensif berikutnya dalam penyidikan dan gelar perkara akan dilaksanakan pada 29 Januari 2020 oleh penyidik Polda Jabar,” sambung Asep.

Diketahui, Polda Jawa Barat sudah meningkatkan status Sunda Empire ke tahap penyidikan. Namun, belum ada tersangka dalam kasus ini.

Sementara untuk menetapkan tersangka, Polda Jawa Barat sudah melakukan gelar perkara untuk menentukan status hukum dari kemunculan kelompok Sunda Empire.

Polri sebelumnya menyatakan bahwa dari hasil penyidikan, disinyalir bahwa keberadaan Sunda Empire telah masuk ranah pidana dalam hal ini adalah penyebaran berita bohong.(cuy/jpnn)

Polda Jawa Barat terus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi terkait kemunculan kelompok Sunda Empire.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News