Politikus Ini Sebut Cagub Parpol Lebih Baik dari Independen, Masa Sih?

Politikus Ini Sebut Cagub Parpol Lebih Baik dari Independen, Masa Sih?
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono memaparkan calon gubernur dari partai politik masih lebih baik dari pada calon yang berasal dari jalur independen. 

Pernyataan itu menanggapi keberadaan survey yang mengatakan bahwa masyarakat kini lebih mempercayai calon gubernur lewat jalur independen di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017. 

Namun demikian, survey itu tidak bisa dikatakan sebagai bentuk representasi dari mayoritas masyarakat Jakarta. "Tentu jauh ebih bagus dari parpol. Kalau calon dari partai kan pertanggungjawabannya jelas. Artinya, calon-calon dari partai diusung dari partainya, pertanggungjawaban jauh lebih jelas. Dari pada perseorangan kan," ujar Gembong, Kamis.

Dia mengatakan, partai memiliki tanggung jawab moral kepada masyarakat. Sehingga ketika partai menyodorkan calon tertentu ke tengah-tengah masyarakat, partailah yang akan mempertanggungjawabkan kredibilitas calon tersebut. 

Selain itu, sambung Gembong, survey tersebut secara tidak langsung memposisikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang kini menjabat sebagai gubernur, sebagai calon independen tersebut. Diharapkan survey tersebut tidak diarahkan kepada Ahok seorang. Apabila calon independen yang dimaksud bukanlah Basuki, bisa saja hasil survey tidak berakhir demikian. 

Akan tetapi, kata Gembong, hasil survey tersebut akan dijadikan motivasi bagi PDI Perjuangan. Sebagai partai pemenang di pemilihan legislatif DKI, PDIP akan semakin bersemangat menghasilkan calon pemimpin yang berkualitas. 

Gembong mengatakan, calon dari PDIP tidak akan kalah dengan calon independen yang katanya lebih baik. "Siapapun yang disodorkan oleh PDIP berarti mereka sudah melalui seleksi yang sangat ketat, yang hasilnya Insya Allah bisa diterima masyarakat. Jadi seleksinya sudah cukup panjang dan mendalam di partai ini," ujar Gembong. 

Sebelumnya, survey oleh Cyrus Network, sebanyak 51 persen warga DKI bersedia memilih calon gubernur dari jalur independen. Sisanya 36,3 persen tidak bersedia dan 12,7 persen tidak menjawab. Besarnya jumlah warga yang bersedia memilih cagub dari jalur independen mencerminkan besarnya kekecewaan masyarakat terhadap partai politik. (wok)


JAKARTA - Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono memaparkan calon gubernur dari partai politik masih lebih baik dari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News