Politikus PD Minta 10 Ketum Partai Segera Atasi Konflik di DPR

Politikus PD Minta 10 Ketum Partai Segera Atasi Konflik di DPR
Politikus PD Minta 10 Ketum Partai Segera Atasi Konflik di DPR

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Fraksi Partai Demokrat, Tengku Riefky Harsa meminta para ketua umum partai di Koalisi Indonesia Hebat (KIH) harus menemui pimpinan partai di Koalisi Merah Putih (KMP), untuk mencari jalan keluar atas persoalan di DPR RI.

Menurut mantan Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPR ini, fraksi-fraksi di DPR hanya kepanjangan tangan dari DPP partai. Sehingga tidak mudah menemukan kata sepakat. Salah satu solusi yang elegan adalah pertemuan 10 pimpinan parpol.

"Ketum di KIH harus komunikasi dengan (ketum) KMP. Fraksi kan hanya perpanjangan partai. Pertemuan akan elok kalau 10 negarawan (10 ketum parpol) bertemu. Pasti akan ada jalan keluar," kata Tengku Riefky seusai rapat Badan Musyawarah di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (6/11).

Disinggung soal kocok ulang pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD) yang sudah disahkan dalam Sidang Paripurna, Tengku Riefky memandang wacana itu berpotensi menimbulkan masalah. Namun dia memastikan Partai Demokrat mendukung adanya musyawarah dan mufakat untuk kebaikan bersama.

"Di rapat (Bamus) tadi kita tidak bicara soal kocok ulang. Fraksi Demokrat mendukung musyawarah dan mufakat untuk menyelesaikan persoalan. Tetapi dari pihak KIH harus pro aktif berkomunikasi untuk kebaikan kita bersama," katanya.

Terkait kocok ulang pimpinan AKD ini, Tengku Riefky mengaku belum menjadi pembahasan di internal fraksinya karena akan menimbulkan masalah tersendiri. Ini berbeda dengan pernyataan Juru Bicara Demokrat, Ruhut Sitompul yang mengatakan partai dan fraksinya tidak mempersoalkan jika pimpinan AKD harus dikocok ulang.

"Mengenai kocok ulang belum ada pembicaraan di fraksi kami. Saya rasa kocok ulang justru akan timbulkan masalah baru. Kalau ada cara lain yang bisa akan dibicarakan. Akan ada perdebatan baru kalau kocok ulang," tandasnya. (fat/jpnn)


JAKARTA - Anggota Fraksi Partai Demokrat, Tengku Riefky Harsa meminta para ketua umum partai di Koalisi Indonesia Hebat (KIH) harus menemui pimpinan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News