Politisi Indonesia Demam Obama

Politisi Indonesia Demam Obama
Politisi Indonesia Demam Obama
JAKARTA – Dua orang calon legislatif (caleg) muda untuk DPR terang-terangan mengaku akan meniru Barack Obama yang terpilih sebagai Presiden AS ke-44. Dua caleg muda itu adalah Moh Reza Sinambela yang menduduki nomor urut 2 dapil Sumut III dari Partai Bintang Reformasi (PBR) dan Edy Ramli Sitanggang yang berada di nomor urut I dari Partai Demokrat (PD) di dapil yang sama. Dapil Sumut III ini meliputi Asahan, Pematangsiantar, Simalungun, Pakpak Barat, Dairi, Karo, Langkat, Tanjung Balai, dan Kota Binjai.

 Kedua calon wakil rakyat Sumut itu mengaku akan meniru gara Barack Obama dalam mengambil simpati rakyat pemilih. “Gaya Obama sangat santai, tidak menggebu-gebu saat berkampanye. Dan dengan gaya itu dia bisa mendapatkan simpati luas tidak hanya rakyat AS, tapi juga masyarakat dunia,” ujar Moh Reza Sinambela di Jakarta, Rabu (5/11).

Reza, putra dari anggota DPR Mahadi Sinambela (Partai Golkar) itu mengaku, dirinya terus mengamati cara Obama dalam berkiprah di dunia politik. Yang paling berkesan bagi dirinya, setiap langkah politik Obama selalu bersentuhan langsung dengan kepentingan rakyat. Meski memang lihai berorasi, tapi itu tampaknya bukan hal yang utama. “Yang lebih menentukan, misalnya, dia mau mengunjungi sekolah-sekolah, dan dengan itu sudah cukup menunjukkan bahwa dia sangat peduli dengan dunia pendidikan. Yang juga patut ditiru, Obama merintis karir politik dari bawah,” ujar Reza yang juga mantan aktifis mahasiswa itu. Kemenangan Obama memberi spirit politisi muda untuk tidak pantang menyerah dalam berkompetisi di dunia politik.

Hal yang sama dikatakan Edy Ramli Sitanggang. Namun, dia mengakui, bukan hal yang gampang untuk mengadopsi seratus persen gaya Obama. Alasannya, tahapan demokrasi di AS jauh lebih modern dibanding Indonesia, termasuk perbedaan kultur masyarakatnya. “Tak bisa diingkari, di masyarakat kita masih kuat mengandalkan hubungan emosial dan kultural dalam hal memberikan suara saat pemilu. Berbeda dengan di Amerika, pemilihnya sudah sangat rasional,” ujar Edy. Yang bisa ditiru dari Obama, lanjutnya, adalah cara berkomunikasi dengan calon pemilih. Kesuksesan Presiden AS yang pernah tinggal di Jakarta selama 3 tahun itu memberikan keyakinan bahwa popularitas bisa dibangun dengan kerja keras dan semangat pantang menyerah. “Itu yang meyakinkan saya untuk maju sebagai caleg,” tegas Edy.

JAKARTA – Dua orang calon legislatif (caleg) muda untuk DPR terang-terangan mengaku akan meniru Barack Obama yang terpilih sebagai Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News