Polri Antisipasi 3.693 Perlintasan Selama Arus Mudik Lebaran 2024

Polri Antisipasi 3.693 Perlintasan Selama Arus Mudik Lebaran 2024
KAI Daop 1 Jakarta menggelar kampanye keselamatan perlintasan sebidang di Jalur Perlintasan Langsung (JPL) Nomor 11 Jalan Industri Raya, Jakarta Pusat, Kamis (19/3/2024). (ANTARA/HO-KAI Daop 1 Jakarta)

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso mengatakan ada 3.693 perlintasan sebidang yang terdapat di sepanjang jalur mudik yang diantisipasi pihaknya agar tidak terjadi perlambatan arus lalu lintas saat mudik-balik Lebaran 2024.

“Ada 3.693 perlintasan sebidang, paling banyak itu di Jawa Timur,” kata Slamet dalam acara Diskusi Denpasar 12 bertajuk “Mudik AMan dan Nyaman Menyambut Idul Fitri 2024” diikuti secara daring di Jakarta, Rabu (27/3).

Slamet mengatakan pihaknya bekerja sama dengan PT KAI dalam mengamankan perlintasan sebidang tersebut.

Selain mengantisipasi terjadi perlambatan arus, juga mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Menurut dia, beberapa permasalahan di jalur mudik yang ditemukan berdasarkan hasil survei, analisa dan evaluasi (anev) yang dilakukan Korlantas Polri, selain perlintasan sebidang, juga ada pasar tumpah, hingga aktivitas masyarakat di bahu jalan.

“Aktivitas masyarakat di bahu jalan akibat perlambatan, banyaknya pasar tumpah di Jawa Barat, serta banyaknya perlintasan sebidang, apalagi kondisi lebaran ini PT KAI menambah pergerakan perjalanan kereta api, perlu ada treatment tertentu,” katanya.

Selain menyiapkan pengamanan di perlintasan sebidang, pihaknya juga melakukan penutupan perlintasan sebidang yang dibuka tanpa perizinan.

Kemudian, untuk kelancaran arus lalu lintas pada saat mudik khususnya di jalur yang terdapat rel kereta api juga memerlukan kerja sama masyarakat untuk tertib dan antre saat melintasi perlintasan sebidang.

Korlantas Polri mengantisipasi ribuan perlintasan sebidang pada arus mudik Lebaran tahun ini.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News