Polri Prioritaskan Rumah DP Rp 0 Untuk Para Bintara

Polri Prioritaskan Rumah DP Rp 0 Untuk Para Bintara
Bintara Polri. Foto: JPG

jpnn.com, JAKARTA - Untuk menunjang kinerja anak buahnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah menyediakan rumah dengan uang muka (DP) nol rupiah. Namun, program itu hanya untuk sejumlah anggota, tidak seluruhnya.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasist mengatakan, program itu diprioritaskan kepada anggota yang berstatus bintara, sementara perwira tidak.

"Untuk saat ini yang diprioritaskan memang untuk bintara,” ujar Setyo di Jakarta.

Menurut dia, apabila anggota bintara memiliki rumah, diharapkan bisa menunjang kinerja di lapangan. Karena kerja bintara lebih banyak di lapangan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Saat ini, rumah yang tersedia belum banyak, kurang dari 20 persen jumlah anggota Polri. Namun, beberapa rumah tengah dibangun di sejumlah lokasi, salah satunya, di Padang Panjang, Sumatera Barat.

"Anggota bisa mencicil dengan harga yang murah, kemudian (pembangunan) di Jawa Tengah juga sudah mulai. Hampir semua polda sudah mulai," imbuh dia.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku sudah bekerja sama dengan bank pemerintah dan real estate untuk pembangunan rumah DP nol rupiah. Polisi akan membayar cicilan rumah lewat pemotongan gaji.

"Dengan tunjangan kinerja 70 persen, bisa dipotong untuk perumahan dan biaya rumah tangga. Saya sudah tanda tangan dengan bank," kata Tito beberapa waktu lalu.

Rumah DP Rp 0 untuk para Bintara diharapkan bisa menekan praktik korupsi di kepolisian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News