Poros Keempat Berpotensi Meruntuhkan Anies Baswedan, yang Bilang Panji

Poros Keempat Berpotensi Meruntuhkan Anies Baswedan, yang Bilang Panji
Calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan pada Pilpres 2024 Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - BENGKULU – Beredar kabar Partai Golkar dan PAN akan berkoalisi membentuk poros keempat dalam peta perpolitikan jelang Pilpres 2024 mendatang.

Pakar politik sekaligus akademikus Universitas Bengkulu Dr Panji Suminar menilai, jika Golkar dan PAN membentuk poros keempat, maka hal itu bisa menjadi batu sandungan bagi Anies Baswedan.

"Kalau PAN dan Golkar mau membuat poros keempat, maka ini dapat meruntuhkan Anies Baswedan di Pilpres dan saya rasa oligarki politik juga merestui poros keempat," kata Panji, dikutip dari Antara.

Dia mengatakan, jika Golkar dan PAN sebagai poros keempat mengusung capres dan cawapres sendiri, maka kader dan simpatisan akar rumput yang memiliki kecenderungan pada sosok Anies Baswedan kembali "ke rumah sendiri", alis ke parpol masing-masing.

Soliditas kedua parpol, lanjut Panji, juga menjadi lebih baik dan bakal memberikan dampak positif dalam pertarungan Pileg 2024, yakni memastikan Golkar dan PAN lolos ambang batas parlemen.

"Soliditas partai naik, arus bawah dan elite satu arah lagi, ini akan membuat kinerja partai lebih optimal, tidak hanya di pilpres, tetapi juga pileg," kata Panji.

Panji mengatakan, kedua parpol juga tidak perlu khawatir kalau memang tidak menang di pilpres karena mereka tetap dapat “memenangi" Pileg 2024.

"Mereka dipersiapkan memang tidak menang di pilpres melihat sosok elektabilitas ketua umum partai kalau berpasangan, tetapi mereka sesungguhnya masuk dalam pemenang, karena aman ambang batas parlemen, dan di pilpres mereka melanjutkan dukungan pada calon paling potensial terpilih di putaran kedua pilpres," ujar Panji.

Panji Suminar mengatakan, jika Golkar dan PAN membentuk poros keempat, maka berpotensi meruntuhkan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News