Posko Angkutan Laut Nataru Resmi Dibuka

Posko Angkutan Laut Nataru Resmi Dibuka
Pelabuhan Merak. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut resmi membuka Pos Komando (Posko) Angkutan Laut Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Posko Angkutan Laut Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, dimulai hari ini, Senin (18/12) hingga 8 Januari 2018.

"Pembukaan Posko tersebut ditandai dengan dilaksanakannya Apel Kesiapan Angkutan laut Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 oleh semua unsur Direktorat Jenderal Perhubungan Laut baik di pusat maupun di UPT daerah," ujar Direktur Lalulintas dan Angkutan Laut, Dwi Budi Sutrisno.

Menurutnya, apel kesiapan ini dimaksudkan untuk memantapkan koordinasi antar petugas instansi terkait, penyedia jasa dan asosiasi yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan angkutan laut Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, sehingga pelayaran diharapkan bisa terlaksana dengan selamat, aman, lancar, tertib dan nyaman.

"Seperti tahun sebelumnya menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru pasti akan terjadi mobilisasi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik  untuk pulang kampung atau menikmati liburan di seluruh wilayah Indonesia," ucap Dwi.

Hal tersebut, tentunya harus diantisipasi dengan penyediaan sarana angkutan yang andal dengan mengutamakan keselamatan pelayaran.

"Penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru memiliki dimensi sosial yang cukup kompleks. Untuk itu, para petugas di lapangan diharapkan bisa memberikan kontribusi yang optimal dengan mengedepankan kesabaran dalam memberikan pelayanan, hindarkan diri dari perbuatan arogan dan perilaku yang tidak terpuji selama melaksanakan tugas," kata Dwi.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo meminta kepada para petugas di lapangan agar memberikan pengawasan yang sungguh-sungguh terhadap keselamatan pelayaran serta mengantisipasi agar tidak terjadi masalah percaloan tiket, kenaikan tarif melebihi ketentuan, penelantaran penumpang serta melakukan tindakan yang tegas terhadap setiap pelanggaran.

Pada penyelenggaraan angkutan laut Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 ini akan dipantau 52 pelabuhan yang diperkirakan mengalami lonjakan penumpang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News