Power Window Bermasalah, Cek Komponen Ini

Power Window Bermasalah, Cek Komponen Ini
Ilustrasi perakitan pintu mobil. (Foto: ridha/JPNN)

jpnn.com, TANGERANG SELATAN - Power window merupakan fitur atau fasilitas yang dibuat pabrikan mobil untuk memudahkan pengemudi ataupun penumpang saat membuka atau menutup jendela pada pintu mobil. Pengoperasian biasanya menggunakan dinamo atau motor penggerak yang dihubungkan dengan tombol yang ada di door trim.

Karena dibangun dengan rangkaian elektrikal, maka risiko kerusakan juga pasti ada. Umumnya, power window mengalami masalah pada mobil yang sudah mejalani usia di atas 5 sampai 10 tahun.

Menurut Kepala Mekanik dealer DBM Auto Gallery Anis menjelaskan, kerusakan terjadi dikarenakan pemakaian kendaraan (mobil) yang rutin. Sehingga kerusakan pada dinamo motor pun bisa terjadi.

"Jadi, ketika power window macet atau tidak berfungsi coba dilihat dahulu pada bagian dinamo motor, kabel atau relay," kata Anis kepada JPNN.com saat ditemui di dealernya, Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu (5/9).

Jika dinamo motor listrik bermasalah kaca mobil tidak akan bisa naik turun. Jadi Anis menyarankan, terlebih dahulu untuk diservis. Namun jika dinamo tidak bisa diservis disarankan untuk mengganti dan jangan memaksakan. Karena kemungkinan mengalami kerusakan bisa terjadi lagi.

Selain itu, bisa juga cek kondisi di bagian kabel yang berfungsi mengalirkan arus listrik dari baterai ke motor power window yang difasilitasi oleh relay. Periksa juga sambungan ujung kabel yang tersambung ke konektor.

Terakhir bagian relay, biasanya relay sudah aus atau terbakar pada titik kontaknya, sehingga tidak lagi dapat mengalirkan arus listrik dari baterai ke motor power window. Untuk mengatasinya cukup diganti dengan yang baru. (mg9/jpnn)


Fitur power window yang dibangun dengan rangkaian elektrikal tentu memiliki potensi rusak. Sebabnya bisa karena masa pakai atau ada masalah lain.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News