PP Muhammadiyah Apresiasi Kemenag Tetapkan 1 Ramadan Minggu

PP Muhammadiyah Apresiasi Kemenag Tetapkan 1 Ramadan Minggu
Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsudin berjabat tangan dengan Menag Lukman Syaifudin usai sidang Isbat di Kantor Kemenag, Jakarta, Jumat (27/6). Foto: Fathra N Islam/JPNN

jpnn.com - JAKARTA -- Ketua Umum Pengurus Pusat (Ketum PP) Muhammadiyah Din Syamsudin mengapreasi keputusan pemerintah yang menetapkan 1 Ramadhan 1435 bertepatan dengan Ahad 29 Juni 2014.

Din menilai pemerintah sudah mengedepankan ukhuwah islamiyah di dalam membahas persoalan ini saat Sidang Isbat yang digelar di Kemenag, Jakarta, Jumat (27/6).

"Tadi beliau (Menteri Agama) menegaskan, pemerintah yang berkewajiban menetapkan 1 Ramadhan, namun tetap hargai dan menghormati umat Islam yang pandangannya berbeda. Itu amanat konstitusi yang memberi kemerdekaan menjalankan agama," kata Din dalam jumpa pers usai Sidang Isbat.

Karenanya, ia menegaskan, sangat baik pemerintah menghormati perbedaan. Selain itu, Din menyampaikan, ada sebuah aspirasi besar Organisasi Kemasyarakatan Islam, terkait perbedaan yang ada dalam penetapan 1 Ramadhan.

"Perbedaan yang ada ini akan diselesaikan dengan pendekatan yang lebih dalam sehingga kriteria dan definisi hilal dapat diselesaikan," kata Din. (boy/jpnn)

 


JAKARTA -- Ketua Umum Pengurus Pusat (Ketum PP) Muhammadiyah Din Syamsudin mengapreasi keputusan pemerintah yang menetapkan 1 Ramadhan 1435 bertepatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News