PPATK Temukan Aliran Uang Hasil Kejahatan ke Parpol, Sahroni: Jangan Rusak Pemilu 2024

PPATK Temukan Aliran Uang Hasil Kejahatan ke Parpol, Sahroni: Jangan Rusak Pemilu 2024
Ahmad Sahroni mengatakan agar PPATK segera menyelesaikan hasil temuannya tersebut. Sehingga bisa langsung ditindaklanjuti oleh aparat kepolisian. Foto: DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan adanya aliran uang hasil kejahatan lingkungan Rp1 triliun ke partai politik peserta Pemilu 2024.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mengatakan agar PPATK segera menyelesaikan hasil temuannya tersebut. Sehingga bisa langsung ditindaklanjuti oleh aparat kepolisian.

Sahroni menegaskan, adanya aliran haram teraebut adalah kejahatan luar biasa, sebab efeknya yang luar biasa pada kemanusiaan.

"Karenanya saya minta PPATK segera menyerahkan hasil analisis lembaganya pada penegak hukum agar bisa segera ditindaklanjuti. Saya tidak mau duit haram dari kerusakan lingkungan mengalir ke proses demokrasi kita,” ujar Sahroni dalam keterangannya, Senin (14/8).

Legislator Partai Nasdem ini juga mewanti-wanti soal aliran uang-uang haram yang mengalir ke masyarakat. Terlebih sebentar lagi akan ada pesta demokrasi Pemilu 2024.

Sahroni mengungkapkan, nantinya PPATK perlu bersinergi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan aparat penegak hukum untuk mengawasi jalannya Pemilu 2024.

"Perlu juga ditingkatkan kordinasi dengan penegak hukum dari KPK, polisi hingga kejaksaan agar aliran dana haram ini tidak hanya ditelusuri, tapi juga dicegah penyalurannya,” ungkapnya.

PPATK menemukan adanya dugaan uang hasil kejahatan lingkungan sebesar Rp1 triliun mengalir ke partai politik (parpol) untuk pemilu 2024.

Ahmad Sahroni mengatakan agar PPATK segera menyelesaikan hasil temuannya tersebut. Sehingga bisa langsung ditindaklanjuti oleh aparat kepolisian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News