PPK Kemayoran Bangun IPAL di Utan Kemayoran, Bakal Rampung Tahun Ini

PPK Kemayoran Bangun IPAL di Utan Kemayoran, Bakal Rampung Tahun Ini
Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) bekerja sama dengan Kementerian PUPR tengah membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Foto: Dok PPK Kemayoran

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) bekerja sama dengan Kementerian PUPR tengah membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Utan Kemayoran.

IPAL adalah sistem pengolahan air buangan/limbah di dalam kawasan yang bermuara di Danau Hutan Kemayoran, yang diolah untuk memperbaiki kualitas air sehingga tidak membahayakan bagi lingkungan.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan PPK Riski Renando menjelaskan pembangunan instalasi itu merupakan salah satu kontribusi PPK Kemayoran sebagai pengelola kawasan seluas 450 hektar di Kemayoran, untuk menjaga kelestarian lingkungan di masa yang akan datang.

Saat ini, Danau Kemayoran menerima limbah dari seluruh Kawasan Kemayoran melalui buangan utama (maindrain). Selain itu, terdapat banyak endapan lumpur yang menyebabkan volume tampungan air di danau makin berkurang.

Menurut fungsi IPAL cukup vital, karena tanpa adanya sistem pengolahan air, limbah yang dihasilkan oleh hunian, komersial, dan perkantoran yang ada di Kemayoran akan mencemari lingkungan.

"Dalam jangka panjang, pencemaran ini akan berdampak buruk terhadap kesehatan dan merusak ekosistem di sekitar Kemayoran," ujar Riski, Rabu (10/5) dalam keterangannya.

PPK membangun IPAL agar dapat memperbaiki mutu air dari maindrain.

"Selain itu, PPK Kemayoran pun ikut mensukseskan implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) no. 6, yaitu menjamin ketersediaan dan pengelolaan air dan sanitasi yang berkelanjutan," lanjutnya.

Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) bekerja sama dengan Kementerian PUPR tengah membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News