PPP Geser Dominasi PDIP, Perindo Melejit

PPP Geser Dominasi PDIP, Perindo Melejit
Bendera PPP. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JEPARA - PPP berhasil menguasai lima daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Jepara, Jateng, meraih 10 kursi di Pemilu 2019. Tiap dapil mendapatkan dua kursi. Perolehan ini meningkat satu kursi dari Pemilu 2014 lalu.

Jumlah tersebut menggeser dominasi perolehan kursi PDIP. Partai berlambang banteng moncong putih ini, sebelumnya mendapatkan 10 kursi. Saat ini berkurang menjadi delapan kursi.

Tiga dapil masing-masing berhasil meraih dua kursi. Sedangkan dua dapil lain, masing-masing menghasilkan satu kursi. Dua kursi yang berhasil diamankan PDIP ada di dapil 1, 2, dan 5. Sedangkan satu kursi masing-masing diamankan PDIP di dapil 3 dan 5.

Dengan prediksi perolehan ini, Taman Sari -julukan gedung DPRD Jepara- yang sebelumnya dikuasai PDIP, pada pemilu tahun ini giliran partai berlambang ka’bah yang berkuasa di Taman Sari.

Di tempat ketiga perolehan kursi terbanyak, diduduki Partai Nasdem yang meraih tujuh kursi. Capaian ini meningkat dua kursi dari pemilu sebelumnya yang hanya mengamankan lima kursi.

BACA JUGA: Target Melambung setelah TGB Zainul Majdi Gabung, Hasilnya…

Di bawah Nasdem ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang membuntuti dengan enam kursi. Artinya posisi empat besar diisi oleh PPP, PDIP, Nasdem, dan PKB.

Partai Gerindra yang sebelumnya masuk empat partai dengan kursi terbanyak mengalami penurunan perolehan kursi. Pada 2014 lalu, Partai Gerindra berhasil mendapatkan delapan kursi. Sedangkan tahun ini diprediksi hanya dapat lima kursi. Atau berkurang tiga kursi dari pemilu sebelumnya.

Hasil Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Jepara memunculkan perubahan peta perolehan kursi dari pemilu sebelumnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News