PPP Siap Dukung Cawapres Pilihan Jokowi

PPP Siap Dukung Cawapres Pilihan Jokowi
Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Persatuan Pembangunan, Achmad Baidowi. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menjelang pengumuman resmi, sejumlah nama santer disebut-sebut sebagai bakal calon wakil presiden pendamping Joko Widodo. Salah satunya adalah Ketua PB Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj.

Munculnya nama Said Aqil mendapat respons dari salah satu partai pendukung Jokowi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Wasekjen DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan, pihaknya tak fokus pada nama-nama yang muncul di publik sebagai cawapres Jokowi. Tugas PPP hanya menyarankan kriteria yang cocok dan menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi.

“PPP itu dari awal tidak mau terjebak pada nama, kami hanya menyampaikan kriteria kepada Pak Jokowi, soal nama itu silakan saja beliau yang tentukan, tentu saja dengan sejumlah konsekuensi-konsekuensi,” katanya saat dihubungi wartawan, Minggu (14/7).

Nantinya Jokowi bakal menyampaikan sendiri kepada partai pendukungnya. PPP sendiri tidak protes atau memberi saran jika Jokowi telah menentukan pendampingnya.

“Enggaklah (ngasih saran ke Jokowi), kan sudah komit dari awal, bahwa itu sudah disampaikan pak Jokowi, kriteria pak Jokowi yang memilih kan nyamannya dengan siapa,” ujarnya.

Pihak partai berlambang kakbah itu tak mempersoalkan bila mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut memilih cawapres dengan latar belakang tokoh agama, militer, profesional maupun partai politik. PPP siap mendukung pilihan final Jokowi.

“Iya kalau PPP begitu (siap dukung), gak tau yang lain, saya kira dengan komitmen yang sama cawapres diserahkan kepada Pak Jokowi,” tandas Baidowi.

Menjelang pengumuman resmi, sejumlah nama santer disebut-sebut sebagai bakal calon wakil presiden pendamping Joko Widodo. Said Aqil Siroj

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News