Prabowo Bilang Goblok, 'Pendukungnya' Mengumpat Bangsat, Apa Tak Ada Kata Lebih Baik?

Prabowo Bilang Goblok, 'Pendukungnya' Mengumpat Bangsat, Apa Tak Ada Kata Lebih Baik?
Prabowo Subianto (berkemeja biru) menjulurkan lidahnya saat berdebat dengan Anies Baswedan pada Debat Pertama Capres Pemilu 2024 di KPU, Selasa (12/12/2023). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat kebijakan publik Nur Iswan menyayangkan penggunaan diksi bernuansa kasar dalam wacana seputar Pilpres 2024.

Sorotan alumnus School of Public Policy and Administration, Carleton University, Kanada, itu mengarah pada diksi ‘goblok’ yang digunakan Prabowo Subianto saat capres bernomor urut 2 di Pilpres 2024 tersebut berkampanye di Riau.

Selain itu, Iswan juga menyoroti penggunaan kata ‘bangsat’ oleh wanita diduga pendukung Prabowo yang memaki Anies Baswedan saat Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 di Istora Senayan Jakarta pada Minggu lalu (7/1/2024).

“Diksi yang kasar seperti bodoh, goblok, bacot, dan bangsat hendaknya tidak dipergunakan, terlebih lagi jangan sampai diucapkan oleh paslon atau tokoh dari semua kubu,” ujar Iswan pada Selasa (9/1/2024).

Menurut Iswan, baik pasangan capres-cawapres maupun para pendukungnya harus bisa menahan diri.

Pemerhati masalah publik yang juga entrepeneur itu menegaskan kekecewaan dan kejengkelan tidak seharusnya diluapkan tanpa kendali.

“Pikiran tetap harus jernih. Pemimpin, kan, harus bisa mengelola emosi dan perasaan,” imbuhnya.

Selain itu, Iswan mengatakan hal yang lebih penting dilakukan para pasangan capres-cawapres ialah merebut dukungan publik melalui rekam jejak, ide, dan program.

Pengamat kebijakan publik Nur Iswan menyayangkan penggunaan diksi bernuansa kasar dalam wacana seputar Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News