Prabowo Melawat ke Rusia, Bahas Pembelian Sukhoi?

Prabowo Melawat ke Rusia, Bahas Pembelian Sukhoi?
Menhan Prabowo Subianto. Foto: M Kusdharmadi/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan lawatan ke Rusia, sejak Selasa (28/1). Dalam lawatan itu, eks Danjen Kopassus menjalin pertemuan dengan Menhan Rusia Sergei Shoigu di Moskow, Rusia.

Wamenhan Sakti Wahyu Trenggono menyebut lawatan Prabowo ke Rusia merupakan bentuk diplomasi pertahanan. Prabowo, kata dia, memang mengedepankan diplomasi pertahanan dalam setiap lawatan ke luar negeri.

"Itu implikasinya banyak," kata Trenggono ditemui awak media di Jakarta, Kamis (30/1).

Namun, dia memastikan, belum ada rencana pembelian alutsista dari lawatan Prabowo ke Rusia. "Itu diplomasi pertahanan. Ya, kan, belum tentu beli," ujar dia.

Prabowo rutin melakukan lawatan ke luar negeri sejak menjabat Menhan RI. Dalam catatan, Prabowo pernah berkunjung ke Malaysia, Thailand, Turki, China, dan Prancis.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri tidak mempermasalahkan langkah Prabowo yang melawat ke luar negeri. Menurut dia, lawatan Prabowo ialah bentuk diplomasi pertahanan yang dilakukan Indonesia.

"Jadi kalau ada yang mempertanyakan, Pak Menhan pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, itu adalah dalam rangka diplomasi pertahanan kita, bukan untuk lain-lain," kata Jokowi dalam sambutannya di Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan, Kamis (23/1). (mg10/jpnn)

Menurut Wakil Menhan, Sakti Wahyu Trenggono, sejak menjabat Menhan, Prabowo mengedepankan diplomasi pertahanan.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News